Memasuki hari ketiga banjir, pasokan bahan pokok, khususnya makanan siap saji dan siap makan menjadi prioritas yang sangat dibutuhkan warga saat ini, sehingga bahan makanan inilah yang didistribusikan
Banjarmasin (ANTARA) - Tim SAR gabungan yang dikomando Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Banjarmasin melalui Pos SAR Kotabaru mendistribusikan logistik ke lokasi banjir di Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. yang sebagian warganya masih bertahan di rumahnya pada Sabtu.

"Memasuki hari ketiga banjir, pasokan bahan pokok, khususnya makanan siap saji dan siap makan menjadi prioritas yang sangat dibutuhkan warga saat ini, sehingga bahan makanan inilah yang didistribusikan," kata Kepala Basarnas Banjarmasin, Slamet Riyadi, Sabtu, di Banjarmasin.

Ia menjelaskan warga yang bertahan di rumah lantaran ada di bangunan bertingkat dua sehingga masih bisa tinggal di lantai atas. Meski begitu, petugas tetap mengimbau agar mengungsi ke tempat lebih aman.

"Namun semuanya dikembalikan kepada keputusan yang bersangkutan. Yang pasti kami sebagai petugas penyelamat tetap siap siaga memantau situasi untuk memberikan pertolongan dan evakuasi," katanya.
Tim SAR gabungan mendistribusikan bantuan logistik untuk warga di lokasi banjir Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Sabtu (15/5/2021). (FOTO ANTARA/Firman)


Untuk ketinggian air saat ini lebih kurang antara 1 sampai 1,5 meter. Beberapa desa di bantaran Sungai Satui terdampak paling parah, sehingga sebagian besar warga mengungsi.

Menurut Slamet Riyadi ada dua tempat pengungsian yang didirikan yaitu SMPN 4 Satui di Desa Sinar Bulan dan Gedung Majelis Talim di Desa Sungai Danau. Sedangkan Koramil Satui jadi posko banjir dan dapur umum.

Sebelumnya, banjir menerjang lima desa di Kecamatan Satui sejak Kamis (13/5) akibat meluapnya daerah aliran sungai Satui dipicu hujan dengan intensitas tinggi sejak Rabu (12/5).

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu, lima desa yang terdampak banjir, yakni Desa Sejahtera Mulia dihuni 290 KK atau 580 jiwa, Desa Jombang 162 KK atau 515 jiwa, Desa Sinar Bulan 1.104 KK atau 4.413 jiwa, Desa Sungai Danau 1.745 KK atau 5.670 jiwa serta Desa Satui Barat 120 KK atau 380 jiwa. Sehingga total 11.558 jiwa atau 3.421 KK yang jadi korban banjir.

Baca juga: Sungai Satui dan Haruyan meluap, banjir landa 2 kabupaten di Kalsel

Baca juga: Belasan ribu jiwa di lima desa terdampak banjir Satui, Kalsel

Baca juga: Basarnas evakuasi 5.308 jiwa korban banjir Satui

Baca juga: BPBD Banjarmasin siagakan bantuan untuk banjir di Satui Tanah Bumbu
 

Pewarta: Firman
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021