Terapkan prokes, umat Islam Bali shalat Idul Fitri di masjid

id shalat idul fitri, shalat id, idul fitri, umat islam,umat islam bali, muslim bali

Terapkan prokes, umat Islam Bali shalat Idul Fitri di masjid

Petugas kepolisiaan menjaga umat Islam di Provinsi Bali yang melaksanakan Shalat Idul Fitri 1442 Hijriah di Masjid Raya Baiturrahmah, Dusun Wanasari, Denpasar, Kamis (13/5/2021). Pelaksanaan shalat dengan menjalani protokol kesehatan, seperti pengecekan suhu (thermo gun), masker dan hand sanitiezer atau mencuci tangan dengan sabun yang disediakan pengurus masjid setempat. (FOTO ANTARA//Nyoman Hendra/2021)

Denpasar (ANTARA) - Umat Islam di Provinsi Bali melaksanakan shalat Idul Fitri 1442 Hijriah di Masjid Raya Baiturrahmah, Dusun Wanasari, Denpasar, dengan menerapkan  protokol kesehatan (prokes) COVID-19, seperti pengecekan suhu tubuh, memakain masker, dan mencuci tangan dengan sabun yang disediakan pengurus masjid setempat.

"Untuk pelaksanaan shalat di dalam masjid dibatasi hanya 50 persen dari kapasitas normal dan kami sudah menyiapkan ratusan panitia untuk melakukan pengaturan dan pengawasan selama pelaksanaan ibadah," kata Ketua Yayasan Masjid Raya Baiturrahmah, H Junaidi, di Denpasar, Kamis.

Ia menambahkan kapasitas masjid saat pandemi COVID-19 ini mampu menampung 800 hingga 1.000 orang, meski masjid berlantai 3 itu biasanya menampung jamaah hingga 2-3 kali lipatnya.

Sejak pukul 05.30 WITA, satu persatu jamaah mendatangi masjid. Sebelum memasuki masjid, panitia melaksanakan pengecekan suhu tubuh bagi jamaah dengan wajib menerapkan protokol kesehatan.

Tempat pelaksanaan ibadah tersebut dibagi menjadi empat titik untuk mencegah terjadinya kerumunan antarjmaah.

Pelaksanaan shalat Idul Fitri 1442 Hijriah ini dengan khotib ustadz H Dzul Fahmi, sedangkan imam yakni Habib Farhan Anggawie.

Adapun tema khotbah yang disampaikan yakni "Idul Fitri Sebagai Momentum Memperkokoh Nilai Kemanusiaan Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara".

Sementara itu, untuk tahun 2021 ini zakat yang terkumpul sebanyak Rp990 juta, baik zakat fitrah maupun zakat infaq.

"Selesai menjalankan ibadah Shalat Id, jamaah langsung pulang ke rumah masing-masing," katanya.

Pada 2020, pelaksanaan shalat Id tidak bisa dilaksanakan, tapi tahun 2021 ini bisa sehingga bisa mengobati kerinduan masyarakat untuk shalat di luar rumah saat Idul Fitri dengan penerapan protokol kesehatan.

Pelaksanaan shalat ini digelar mulai pukul 07.00 WITA dan kemudian dilanjutkan dengan khotbah. Dalam pelaksanaan shalat, selain di dalam masjid, jamaah juga menggelar ibadah shalat di halaman luar masjid.

Sementara itu, shalat Idul Fitri juga dilaksanakan di perkampungan seperti di Mushalla Al-Hidayah, Jalan Gatot Subroto VI-F, Kota Denpasar yang juga menerapkan protokol kesehatan dengan memeriksa suhu jamaah yang ada oleh para remaja mushala.

Kemudian, shalat di dalam mushala juga menjaga jarak dengan laki-laki di dalam dan perempuan di halaman.

Baca juga: Umat muslim di Bali akan laksanakan shalat id dengan prokes ketat

Baca juga: Polda Bali siapkan penyekatan di lima titik jalur mudik lebaran 2021

Baca juga: BI Bali siapkan uang tunai Rp4,6 triliun pada Galungan hingga Lebaran

Pewarta : Naufal Fikri Yusuf/Nyoman Hendra
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar