Benar, kami terima informasi-nya, (beliau) meninggal dunia
Jakarta (ANTARA) - Mantan petinggi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tengku Zulkarnain atau Tengku Zul meninggal dunia di Rumah Sakit Tabrani, Pekabaru, Riau, Senin petang, setelah mendapat perawatan selama beberapa hari karena COVID-19.

"Benar, kami terima informasi-nya, (beliau) meninggal dunia,” kata Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas saat dihubungi di Jakarta, Senin malam.

Ia mengatakan wafatnya Tengku Zul merupakan kehilangan bagi Umat Islam, mengingat mantan pengurus MUI itu banyak berperan dalam kegiatan dakwah di banyak tempat, terutama di Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Anwar Abbas secara khusus meminta agar masyarakat Indonesia, khususnya Umat Islam, mendoakan Tengku Zulkarnain serta memaafkan berbagai kesalahan atau perbuatan almarhum semasa hidupnya.

"Saya memohon kepada masyarakat, karena perbuatan terhadap sesama (manusia), hanya bisa dimaafkan oleh sesama manusia," ujar Anwar Abbas.

Ia mengatakan Tengku Zul merupakan sosok yang lemah lembut, meskipun almarhum banyak dikenal sebagai tokoh yang keras.

Baca juga: Tengku Zul dapat 23 pertanyaan saat diperiksa kasus Abu Janda

Baca juga: Tengku ungkap alasan pertemuan dia bersama Anies-Rizieq selepas Isya


"Saya banyak (bekerja) bersama-sama beliau sewaktu saya jadi sekretaris jenderal MUI dan beliau jadi wakilnya. Di sana, saya dekat dengan beliau dan melihat sosok-nya yang lemah lembut,” kata Anwar Abbas mengenang sosok Tengku Zul.

Dalam kesempatan yang sama, ia mengatakan ajaran Islam, terutama yang tertuang dalam berbagai hadist, menyebut bahwa mereka yang meninggal pada bulan suci Ramadhan akan mendapatkan pengampunan atas dosa-dosa selama hidup.

"Dosa-dosanya seluruhnya diampuni," kata Anwar Abbas mendoakan wafatnya Tengku Zul.

Anwar Abbas menuturkan, yang wafat karena COVID-19, juga dapat disebut mati syahid, khususnya syahid ukhrawi.

Beberapa Hadist, kata Anwar Abbas, menyebutkan Umat Islam yang meninggal dunia karena bencana alam, melahirkan, korban wabah penyakit, dan perang melawan penjajah akan mendapatkan pahala syahid ukhrawi.

Dalam ajaran Islam, seorang muslim yang disebut mati syahid, maka dosa-dosanya selama di dunia akan diampuni, dan ia dijanjikan masuk surga.

Sebelum wafat, kondisi Tengku Zul terus menurun. Petugas kesehatan rumah sakit sempat memasang ventilator ke Tengku Zul, tetapi kondisi-nya tidak kunjung membaik.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021