Erupsi Gunung Sinabung terjadi pada pukul 11.19 WIB, dengan menyemburkan abu putih tebal dengan tinggi kolom 2.000 meter yang bergerak mengikuti angin ke arah timur
Medan (ANTARA) - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, pada Kamis mengalami erupsi dan menyemburkan abu vulkanik dengan tinggi kolom 2.000 meter menurut data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).
 
Petugas PVMBG Muhammad Asrori mengatakan, di Medan, Kamis menjelaskan erupsi Gunung Sinabung terjadi pada pukul 11.19 WIB, dengan menyemburkan abu putih tebal dengan tinggi kolom 2.000 meter yang bergerak mengikuti angin ke arah timur.
 
"Erupsi terekam dengan amplitudo 66 mm dengan durasi 5 menit 19 detik," katanya.
 
Ia mengimbau kepada warga maupun wisatawan untuk tidak mendekat atau memasuki zona bahaya Sinabung yang sudah direkomendasikan.
 
Selain itu, warga diminta untuk selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, agar menghindari dampak buruk yang ditimbulkan abu vulkanik seperti ispa dan iritasi pada mata.
 
"Aktivitas Sinabung masih sangat tinggi dan dapat terjadi erupsi dan awan panas susulan kapan saja," demikian Muhammad Asrori.

Baca juga: Sinabung semburkan abu vulkanik setinggi 1.000 meter

Baca juga: Gunung Sinabung erupsi luncuran awan panas teramati jarak 1.500 meter

Baca juga: Gunung Sinabung Karo erupsi luncuran abu vulkanik tidak teramati

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021