Tes GeNose di Stasiun Cirebon, ada dua orang positif COVID-19 dari 200 calon penumpang KA.
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani melakukan inspeksi mendadak (sidak) pelaksanaan tes GeNose di Stasiun Cirebon, Jawa Barat, yang dilakukan dalam rangkaian pemantauan persiapan pelarangan mudik pada Lebaran, Rabu.

"Saat ngobrol dengan tenaga kesehatan yang melakukan tes GeNose di Stasiun Cirebon, ada dua orang positif COVID-19 dari 200 calon penumpang yang diperiksa," kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Saat sidak tes GeNose, Puan membantu menyerahkan hasil tes GeNose kepada seorang calon penumpang yang ingin ke Jakarta.

Selain itu, dia juga berkeliling Stasiun Cirebon sambil mengingatkan calon penumpang untuk terus disiplin menjaga protokol kesehatan.

Baca juga: Ketua DPR, Kakorlantas, & Menhub rakor pengamanan Operasi Ketupat 2021

Ia juga menyampaikan kebijakan larangan mudik mulai berlaku pada hari Kamis (6/5).

"Ibu mau ke mana? Ini sama balita. Kalau bisa jangan bepergian jauh, ya, Bu. Tetap jaga protokol kesehatan," ujar Puan kepada seorang calon penumpang yang membawa anak.

Selain ke Stasiun Cirebon, Puan juga mendatangi Terminal Bus Harjamukti. Ia pun berbincang dengan seorang sopir sambil kembali mengingatkan mengenai larangan mudik serta kewajiban mematuhi protokol kesehatan.

Di Terminal Harjamukti, politikus PDI Perjuangan itu menyerahkan bingkisan Lebaran untuk sopir dan kondektur bus, petugas Kemenhub, dan pedagang di terminal tersebut.

"Menjaga agar tidak terjadi penularan COVID-19 adalah tugas bersama, tugas kita semua. Mari kita sama-sama menahan diri untuk tidak mudik pada Lebaran tahun ini," katanya.

Baca juga: Puan: Hari Pertama larangan mudik jadi pertaruhan wibawa negara

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021