erupsi freatik terjadi Kamis pukul 18.25 WIB dengan lontaran material sekitar 400 meter ke selatan
Banjarnegara (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, Jawa Tengah, menginformasikan bahwa telah terjadi erupsi freatik di Kawah Sileri yang berada di Kawasan Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah.

"Telah terjadi erupsi dengan jenis erupsi freatik di Kawah Sileri, Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Banjarnegara," kata Kepala Pelaksana BPBD Banjarnegara Aris Sudaryanto melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Andri Sulistyo di Banjarnegara, Kamis.

Baca juga: Kawah Sileri Dieng meletus lagi, semburkan lumpur 150 meter

Dia menjelaskan erupsi freatik tersebut terjadi pada Kamis pukul 18.25 WIB dengan lontaran material sekitar 400 meter ke arah selatan.

"Pada saat ini tim masih melakukan peninjauan ke lokasi dan melakukan sterilisasi guna mengantisipasi adanya bencana susulan," katanya.

Selain itu, kata dia, tim juga telah melakukan pengamanan mengingat jalan di sekitar lokasi kejadian sangat licin akibat material lumpur dan batu yang berasal dari lontaran kawah.

Baca juga: PVMBG naikkan status Kawah Sileri-Dieng menjadi waspada

Baca juga: Longsor di Wonosobo tutup jalur wisata Dieng


BPBD Banjarnegara, kata dia, mengimbau masyarakat di wilayah setempat untuk tetap waspada dan tidak panik serta tidak mudah mempercayai kabar berita yang belum jelas kebenarannya atau hoaks.

"Warga kami imbau agar selalu waspada namun jangan panik dan jangan mudah percaya berita hoaks atau berita bohong yang belum jelas kebenarannya," katanya.

Dia mengatakan BPBD Banjarnegata akan terus menginformasikan perkembangan situasi terkini kepada masyarakat.

Baca juga: Objek wisata Candi Arjuna di Dieng tutup selama PPKM

Baca juga: Masyarakat diajak saksikan wisata virtual Dieng Culture Festival


Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021