Peran UMKM membantu kebangkitan perekonomian di Indonesia, terlebih pada masa pandemi ini.
Jakarta (ANTARA) - Bhayangkari Polri menggandeng PT Grab Teknologi Indonesia untuk memperkuat digitalisasi usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM) yang dikelola perhimpunan istri anggota Polri di seluruh Indonesia.

Ketua Umum Bhayangkari Polri Juliati Sigit Prabowo dalam keterangan tertulisnya, Kamis, mengatakan bahwa era saat ini sudah saatnya UMKM merambah digitalisasi, terlebih pada masa pandemi COVID-19 yang membatasi interaksi antarorang.

"Menjawab kebutuhan digitalisasi pasar inilah awal dari inisiasi dijalinnya kerja sama antara Bhayangkari dan Grab," kata Juliati

Juliati menjelaskan bahwa pihaknya menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan PT Grab Teknologi Indonesia bertepatan dengan momen Hari Kartini yang diperingati setiap 21 April.

Menurut dia, MoU tersebut sebagai bentuk nyata aktualisasi diri perempuan Indonesia berkiprah dalam dunia usaha tanpa melupakan kodratnya sebagai perempuan, istri, dan ibu.

Baca juga: Smartfren Business hadirkan E-Shop untuk UMKM

Nota kesepahaman ditandatangani langsung oleh Juliati Sigit Prabowo selaku Ketua Umum Bhayangkari dengan Managing Director Grab Neneng Goenadi di Wisma Kemala Bhayangkari pada tanggal 20 April 2021.

Juliati mengatakan bahwa peran UMKM membantu kebangkitan perekonomian di Indonesia, terlebih pada masa pandemi ini, tak terkecuali para UMKM Bhayangkari.

Ia menyebutkan jumlah UMKM Bhayangkari kurang lebih 2.600 pelaku usaha yang tesebar di seluruh Indonesia.

"Dengan begitu, akan sangat membantu mereka melakukan penetrasi ke pasar yang lebih luas dan beragam melalui aplikasi Grab," ujar Juliati.

Dalam kesempatan yang sama, Managing Director Grab Neneng Goenadi mengatakan bahwa sinergi dukungan Grab untuk pelaku UMKM Bhayangkari mendorong pelaku usaha mahir memasuki pasar digital.

Dalam nota kesepahaman tersebut, kata dia, akan ada kegiatan pelatihan untuk para pelaku UMKM Bhayangkari yang dilakukan oleh Grab Indonesia.

"Yang berkesinambungan dalam upaya memberikan edukasi yang relevan bagi mereka dalam menjalankan usahanya," kata Neneng.

Baca juga: Hadapi pandemi, Kartini pelaku UMKM terus berinovasi

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021