Pangkalpinang (ANTARA) - Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan pasien baru COVID-19 bertambah 91 orang, sehingga total warga terkonfirmasi positif menjadi 8.199 jiwa.

“Penambahan orang terkonfirmasi COVID-19 ini, semakin mengafirmasi bahwa penyebaran dan penularan belum berakhir dan masih terus terjadi di masyarakat,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Babel, Andi Budi Prayitno di Pangkalpinang, Rabu.

Berdasarkan data terbaru pada Selasa (16/3) malam, penambahan 91 orang terkonfirmasi COVID-19 tersebar di Kota Pangkalpinang 10, Kabupaten Bangka tiga dan Kabupaten Belitung 78 orang.

Pasien dinyatakan selesai isolasi 7.400 orang (bertambah 52 orang) tersebar di Pangkalpinang 4, Bangka 10, Bangka Tengah 11, Bangka Barat 13, Belitung 14 orang pasien.

Baca juga: 53 santri di Belitung-Babel terkonfirmasi positif COVID-19

Baca juga: Satgas relawan COVID-19 Babel bentuk tim "Medical Intelegence"


“Dengan bertambahnya 52 orang selesai isolasi hari ini, maka persentase tingkat orang sembuh dari COVID-19 turun 90,25 persen dibandingkan hari sebelumnya,” ujarnya.

Dalam satu pekan terakhir orang yang terpapar dan dinyatakan positif COVID-19 sebanyak 526 orang. Itu artinya orang yang terkonfirmasi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengalami kenaikan yang signifikan.

“Kesadaran dan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan adalah cara paling sederhana dan mudah serta murah agar orang di sekitar tidak terpapar COVID-19,” katanya.

Penanganan COVID-19 membutuhkan kerja sama, sinergi dan kolaborasi.

“Saat ini, sinergi menjadi kata kunci untuk fokus dan serius menangani COVID-19 dan pada saat yang sama mendorong percepatan pemulihan ekonomi dan sosial sebagai akibat dari pandemi,” katanya.*

Baca juga: Gubernur Babel bentuk tim percepatan vaksinasi COVID-19

Baca juga: 28.749 warga Babel telah divaksinasi COVID-19

Pewarta: Aprionis
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021