berguna untuk menetralisir dari polutan serta gas emisi
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat mempercantik sejumlah jalan protokol hingga taman pemakaman umum dengan menanami sebanyak 150 ribu tanaman yang ditargetkan selesai tahun 2021.

Kepala Seksi Jalur Hijau dan Pemakaman Budi Hidayat di Jakarta, Senin mengatakan sejumlah ruas jalan yang akan ditanami, antara lain Jalan Abdul Muis, Jln. H. Fachrudin, Median Jalan Letjen Suprapto, dan Median Jalan Salemba-Kramat.

Baca juga: Empat taman kota di Jakpus dibuka untuk warga di tengah PPKM

Selain ruas jalan, Taman Pemakaman Umum (TPU) Petamburan juga akan dihiasi dengan berbagai jenis tanaman, seperti bougenville, asoka, costus, sambang dara, aralia dan tanaman hias pisang-pisangan.

"Tanaman hias tersebut memang untuk tanaman pinggir jalan dan berguna untuk menetralisir dari polutan serta gas emisi," kata Budi kepada Antara di Kantor Walikota Jakarta Pusat.

Baca juga: Tanaman langka khas Betawi tumbuh di RPTRA Rawa Bunga

Budi menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Jakarta Pusat menganggarkan dana Rp5 miliar untuk penanaman 150 ribu tanaman tahun ini.

Ada pun sejauh ini, Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat telah menanam 50 ribu tanaman yang menghiasi Jalan Fachrudin, serta Jalan Cideng tepatnya di depan Pasar Tasik Tanah Abang.

Baca juga: BPPT anjurkan tanam pohon untuk tanggulangi polusi

Dalam program peningkatan kualitas tanaman tersebut, Pemkot Jakarta Pusat setidaknya menerjunkan 28 satuan tugas (satgas).

"Penataan taman ini meneruskan dari program tahun lalu yang sudah selesai di Jalan Cikini serta TPU Karet Bivak," kata Budi.

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021