Dua bayi beruang cokelat Taman Safari Bogor imunisasi perdana

id Beruang cokelat, taman safari bogor

Dua bayi beruang cokelat Taman Safari Bogor imunisasi perdana

Dua bayi beruang cokelat di Taman Safari Indonesia (TSI), Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (ANTARA/HO-TSI Bogor)

Cisarua, Bogor (ANTARA) - Dua bayi beruang cokelat di Taman Safari Indonesia (TSI), Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, kini mendapat imunisasi perdana setelah lahir pada 26 Oktober 2020.

"Imunisasi untuk kali pertama, dilakukan ekstra kesabaran untuk menanganinya," ungkap salah satu paramedis satwa TSI, Rani (23 tahun) di Bogor, Senin.

Menurut dia, imunisasi pertama ini dilakukan setelah sang induk membawa kedua bayi jantan tersebut keluar dari dalam goa. Pasalnya, dua bayi beruang yang belum diberi nama itu sudah tiga bulan lamanya berada di dalam goa.

Baca juga: Lomba foto satwa upaya promosikan konservasi

Baca juga: Serang pejalan kaki, beruang cokelat di Italia ditembak mati


Ke depan, pemberian imunisasi akan dilakukan setiap satu bulan sekali, dengan tujuan menjaga kesehatan dan stamina kedua bayi beruang.

Rani menyebutkan bahwa kedua bayi beruang tersebut lahir dari perkawinan induk pejantan bernama Bent dan induk betina bernama Graf yang masing-masing usianya sekitar 10 tahun.

"Dengan kehadiran kedua bayi beruang yang belum diberi nama ini, maka total koleksi beruang yang ada di Taman Safari Bogor menjadi 13 ekor," kara Rani.

Sebagai informasi, beruang cokelat merupakan satwa yang sebagian besar aktivitasnya berlangsung pada malam hari. Satwa tersebut memiliki penciuman yang tajam, sehingga dapat mengendus makanan maupun musuhnya sekalipun pada jarak jauh.

Beruang cokelat termasuk satwa omnivora, selain pemakan daging dan ikan, mereka juga memakan buah-buahan hingga sayuran.

Baca juga: Terancam punah, koleksi badak putih di Taman Safari Bogor bertambah

Baca juga: Taman Safari Bogor peringati tiga tahun kedatangan satwa panda

 

Pewarta : M Fikri Setiawan
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar