Putussibau, Kapuas Hulu (ANTARA) -
Dinas Kesehatan Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat mendistribusikan 1.369 vial vaksin ke Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) yang ada di 23 kecamatan di daerah tersebut.
 
"Pendistribusian vaksin itu diambil langsung pihak Puskesmas dan mendapatkan pengawalan ketat petugas kepolisian dan TNI," kata Kepala Seksi Farmasi, Makanan dan Minuman Dinas Kesehatan Kapuas Hulu Apt Agustina R Pakpahan di Putussibau Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Jumat.
 
Disampaikan, total vaksin yang didistribusikan ke masing-masing Puskesmas berjumlah 1.369 vial yang dimulai sejak Kamis (28/1).
 
Menurut dia, pendistribusian tersebut dilanjutkan Jumat (29/1) hingga nantinya selesai ke masing-masing Puskesmas di Kapuas Hulu.
 
"Harapan kita semua proses distribusi berjalan lancar, sehingga semua Puskesmas bisa menerima vaksin tersebut dan melaksanakan vaksinasi sesuai ketentuan," ucap Agustina.
 
Terkait keamanan dalam proses pendistribusian vaksin, Kapolres Kapuas Hulu AKBP Wedy Mahadi mengatakan polisi mengawal secara ketat dan menjaga kedatangan vaksin sinovac COVID-19, mulai dari kedatangan di Bandara Pangsuma Putussibau hingga ke gudang Farmasi Dinas Kesehatan Kapuas Hulu.
 
"Untuk pendistribusian vaksin ke-23 kecamatan akan kami koordinasi dengan Dinas Kesehatan dan tentunya akan kita kawal juga pendistribusiannya sampai ke tujuan," kata Wedy.
 
Secara keseluruhan jumlah vaksin yang diterima Kapuas Hulu sebanyak 3.040 vial vaksin. Vaksinasi tersebut sudah di mulai pada Jumat (29/1) di jajaran pejabat Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkompinda) Kapuas Hulu dan tenaga kesehatan.

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2021