Badung (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Badung, Bali, secara resmi menetapkan I Nyoman Giri Prasta dan I Ketut Suiasa sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Kabupaten Badung tahun 2020.

"KPU Kabupaten Badung menetapkan Paslon Bupati dan Wakil Bupati terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung tahun 2020 yaitu pasangan calon atas nama I Nyoman Giri Prasta dan I Ketut Suiasa dengan perolehan suara sebanyak 285.241 suara atau 94,63 persen dari total suara sah sebanyak 301.413," ujar Ketua KPU Badung I Wayan Semara Cipta dalam keterangan yang diterima di Mangupura, Minggu.

Baca juga: Menang lawan kotak kosong, Ony-Antok jadi bupati-wabup Ngawi terpilih

Dalam Pilkada Badung tahun 2020, pasangan petahana I Nyoman Giri Prasta dan I Ketut Suiasa menjadi pasangan calon tunggal melawan kotak kosong.

Wayan Semara Cipta mengatakan, pihaknya telah melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih dalam Pilkada Badung tahun 2020 dalam rangka melaksanakan ketentuan pasal 54 ayat 1 Peraturan KPU nomor 19 tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan KPU Nomor 9 tahun 2018 tentang Rekapitulasi Hasil Penetapan Pasangan Calon Terpilih Pemilihan Serentak tahun 2020.

Penetapan Paslon Bupati dan Wakil Bupati terpilih itu juga telah dituangkan dalam berita acara KPU Kabupaten Badung Nomor : 089/PL.02.7-BA/5103/KPU-BADUNG/1/2021.

"Dalam Pilkada Badung 2020, tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung tercatat sebanyak 84,62 persen dan ini merupakan angka partisipasi tertinggi selama kurun waktu 15 tahun terakhir," katanya.

Sementara itu, Calon Bupati Badung terpilih I Nyoman Giri Prasta mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada semua pihak yang telah ikut mensukseskan, menjaga keamanan dan ketertiban proses Pilkada Badung tahun 2020, sehingga jalannya proses demokrasi itu dapat berjalan aman, tertib, dan terkendali.

"Proses demokrasi berjalan tertib, dan lancar. Terima kasih kepada warga Badung yang telah menggunakan hak suaranya dengan tetap menjaga situasi kondusif di wilayah Kabupaten Badung yang juga sesuai protokol kesehatan COVID-19," ungkapnya

Ia menambahkan, proses demokrasi dalam pelaksanaan Pilkada Badung tahun 2020 itu juga merupakan momentum untuk bersama-sama meneguhkan niat persatuan dalam membangun Kabupaten Badung kedepannya

Baca juga: Meski kalah, Mas Sumatri hadiri penetapan paslon terpilih
Baca juga: KPU Rejang Lebong tetapkan Syamsul-Hendra bupati-wabup terpilih

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021