London (ANTARA) - Perdana Menteri Inggris Boris Johnson berharap dapat segera bekerja sama dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden untuk mencapai tujuan-tujuan bersama, termasuk mengatasi perubahan iklim.

Dalam pembicaraan telepon pertamanya dengan presiden AS, Sabtu (23/1), Johnson menyambut baik pengumuman Biden bahwa AS akan kembali bergabung ke Perjanjian Paris 2015 tentang iklim serta kembali menjadi bagian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Kedua pemimpin juga membahas prospek kesepakatan perdagangan bebas.

"Senang bisa berbicara dengan Presiden Joe Biden malam ini. Saya berharap dapat memperdalam aliansi lama antara kedua negara kita saat kita mendorong pemulihan hijau dan berkelanjutan dari COVID-19," kata Johnson di Twitter.

Gedung Putih mengatakan Biden dan Johnson berbicara tentang berbagai kerja sama, termasuk melalui organisasi multilateral, dalam mengekang perubahan iklim dan memerangi COVID-19.

Biden juga menyampaikan niatnya untuk "memperkuat hubungan khusus antara negara kita dan merevitalisasi hubungan trans-Atlantik, menggarisbawahi peran penting NATO untuk pertahanan kolektif dan nilai-nilai bersama kita," kata Gedung Putih dalam rilisnya.

Seorang juru bicara Johnson mengatakan kedua pemimpin "juga membahas manfaat dari kesepakatan potensial perdagangan bebas antara kedua negara."

Inggris meninggalkan Uni Eropa tahun lalu.

Pembicaraan telepon Biden dengan Johnson adalah yang pertama dengan seorang pemimpin Eropa sejak ia menjabat sebagai presiden AS pada 20 Januari lalu.

Pada Jumat (22/1), Biden berbicara dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador.


Sumber: Reuters

Baca juga: PM Inggris inginkan hubungan erat dengan Joe Biden

Baca juga: Uni Eropa sambut baik AS bergabung kembali dengan kesepakatan iklim

Baca juga: Biden, Trudeau akan bertemu, berkolaborasi dalam pasokan vaksin

 

Biden jadi presiden AS, Menlu yakin kemitraan Indonesia-AS lebih kokoh

Penerjemah: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2021