akses jalan ini sementara kami tutup
Trenggalek, Jatim (ANTARA) - Hujan deras yang mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Trenggalek dan sekitarnya telah memicu longsor yang menyeret separuh ruas jalan makadam di depan SD Negeri 2 Dongko, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur pada Selasa (12/1).

Kapolsek Dongko AKP Rohadi, Rabu menjelaskan, jalan yang amblas berada tepat di tepi jurang sedalam tujuh meter yang terhubung langsung dengan pematang sawah di bawahnya.

Tidak ada korban jiwa ataupun kerusakan bangunan akibat kejadian tersebut. Namun longsor yang menyeret separuh badan jalan makadam itu menyebabkan akses warga sekitar nyaris putus total.

"Agar tidak membahayakan warga yang melintas, akses jalan ini sementara kami tutup," kata Rohadi.

Baca juga: Jalur Kelok 44 Agam ditutup akibat jalan amblas di Kelok 10

Rohadi dan warga di sekitar lokasi mengaku khawatir tanah masih terus bergerak, seiring hujan yang diperkirakan masih akan mengguyur di wilayah Trenggalek hingga beberapa hari ke depan.

Saat ini material longsor masih dibiarkan menimbun beberapa petak sawah yang ada di bawahnya.

"Memang retaknya sudah cukup lama. Sempat ditutup, namun rongga-rongga di jalur retakan yang terisi air menyebabkan rekahan tanah melebar dan kemudian terjadilah longsor," kata salah seorang warga bernama Sunardi.

Meski akses kini ditutup sementara, sebagian warga terpantau masih nekat melintasi titik rawan itu dengan berjalan kaki.

Warga nekad tetap melintas sebab apabila diharuskan melalui jalur memutar, rute yang ditempuh cukup jauh, sekitar dua kilometer. Warga berharap akses jalan yang rusak itu segera diperbaiki sehingga aktivitas perekonomian desa tidak terganggu. 

Baca juga: Longsor di Palopo dua rumah amblas dan jalan Palopo-Rantepao terputus
Baca juga: Trenggalek buka jalan baru di jalur selingkar Wilis terdampak longsor

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021