Jayapura (ANTARA) - Ketua Bawaslu Boven Digul Frans Asek menyatakan, Boven Digoel siap melaksanakan pemungutan suara pada Senin (28/12) di 20 distrik.
 
Surat suara seluruhnya sudah sampai di distrik yang kemudian disalurkan ke kampung-kampung yang ada tempat pemungutan suara.
 
Tercatat 36.882 pemilih yang akan mencoblos di 220 TPS, kata Asek kepada Antara, Minggu petang.

Baca juga: Kabid Humas: Situasi kamtibmas Boven Digoel kondusif jelang Pilkada
 
Ketika ditanya tentang 1.274 surat suara yang rusak, Asek mengaku, sudah tiba sekitar jam 14.00 WIT di Tanah Merah dan langsung di sortir.
 
Surat suara yang baru tiba itu nantinya digunakan di TPS yang ada di sekitar ibukota kabupaten sehingga tidak mempengaruhi pendistribusian, kata Frans Asek.
 
Sementara itu Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Kamal yang bertugas sebagai perwira pemantau wilayah (pamatwil) mengatakan, 520 personil saat ini siap mengamankan pemungutan suara di Boven Digoel.
 
Situasi kamtibmas secara keseluruhan relatif aman dan terkendali, kata Kamal yang mengaku sudah berada di Tanah Merah.
 
Ditundanya pemungutan suara di Boven Digul terkait sengketa di Bawaslu Boven Digul yang dalam putusannya memutuskan pasangan Yusak Yeluwo-Yacob Waremba ikut kembali dalam pilkada.
 
Pilkada Boven Digul diikuti empat pasangan calon bupati dan wakil bupati yakni paslon Lukas Ikwaron-Lexi Romel, paslon Chaerul Anwar-Nathalis B Kaket, paslon Martinus Wagi-Isak Bangri dan paslon Yusak Yeluwo -Yacob Waremba.
 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2020