Rupiah menguat tipis jelang libur Hari Raya Natal

id Rupiah,Dolar,Kurs

Rupiah menguat tipis jelang libur Hari Raya Natal

Teller Bank Mandiri menunjukkan uang pecahan Dolar AS dan Rupiah di Bank Mandiri KCP Jakarta DPR, Senin (7/1/2019). Kurs Rupiah terhadap Dolar AS menguat 1,3 persen menjadi Rp14.080. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/ama/pri.

Jakarta (ANTARA) - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu sore ditutup menguat tipis jelang libur Hari Raya Natal.

Rupiah ditutup menguat 5 poin atau 0,04 persen ke posisi Rp14.200 per dolar AS dari posisi penutupan hari sebelumnya Rp14.205 per dolar AS.

"Yang membuat rupiah ditutup menguat tipis adalah pengangkatan menteri yang sesuai dengan keinginan pasar" kata Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi di Jakarta, Rabu.

Presiden Joko Widodo Rabu (23/12) melantik enam menteri dan lima wakil menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara.

Keenam orang menteri tersebut adalah Yaqut Cholil Khoumas sebagai Menteri Agama, Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan, Tri Rismaharani sebagai Menteri Sosial, Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan, Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Adapun lima orang wakil menteri di kabinet Indonesia Maju, yaitu Muhammad Herindra sebagai Wakil Menteri Pertahanan, Edward Omar Syarif Hiariej sebagai Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Dante Saksono Harbuwono sebagai Wakil Menteri Kesehatan, Harvick Hasnul Qolbi sebagai Wakil Menteri Pertanian, Pahala Nugraha Mansury sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara I.

Dari eksternal, Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa dia mungkin tidak menandatangani RUU COVID-19 yang telah disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat dan Senat.

Ancaman tersebut membuat RUU menjadi undang-undang yang membutuhkan tanda tangan Trump dan waktu orang Amerika menerima pemeriksaan stimulus, menjadi kacau.

Sementara itu, lebih banyak negara terus memberlakukan pembatasan perjalanan baru untuk mencegah varian baru dari virus COVID-19. Filipina melarang semua penerbangan Inggris mulai 24 Desember pada hari sebelumnya, bergabung dengan daftar lebih dari 40 negara yang menutup perbatasan mereka ke Inggris, tempat ketegangan pertama kali terlihat.

Rupiah pada pagi hari dibuka menguat ke posisi Rp14.185 per dolar AS. Sepanjang hari, rupiah bergerak di kisaran Rp14.155 per dolar AS hingga Rp14.232 per dolar AS.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada Rabu menunjukkan, rupiah melemah menjadi Rp14.282 per dolar AS dibandingkan hari sebelumnya di posisi Rp14.218 per dolar AS.

 

Pewarta : Citro Atmoko
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar