Anggota DPR ajak masyarakat bangkit dari bencana

id siti mukaromah, bencana alam, luapan serayu

Anggota DPR ajak masyarakat bangkit dari bencana

Anggota DPR RI Siti Mukaromah. ANTARA/Sumarwoto

Purwokerto (ANTARA) - Anggota DPR RI Siti Mukaromah mengajak masyarakat khususnya di Kabupaten Banyumas dan Cilacap, Jawa Tengah, untuk bangkit dari keterpurukan akibat berbagai bencana yang melanda wilayah itu.

"Kita semua harus bangkit dan bersama-sama menanggulangi berbagai bencana yang melanda Banyumas dan Cilacap dalam beberapa waktu terakhir," kata Siti Mukaromah dalam keterangannya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Sabtu.

Erma --panggilan akrab Siti Mukaromah-- mengatakan berbagai bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor melanda sejumlah wilayah Banyumas dan Cilacap sejak wilayah itu memasuki musim hujan.

Baca juga: BPBD Banyumas siagakan dapur umum di wilayah terdampak banjir

Bahkan, kata dia, sejumlah wilayah di Kabupaten Banyumas terendam banjir akibat luapan Sungai Serayu pada hari Kamis (3/12).

Selain karena tingginya curah hujan, lanjut dia, banjir tersebut merupakan dampak dari memburuknya Daerah Aliran Sungai (DAS) Serayu, baik di wilayah hulu maupun hilir.

"Semua itu mengakibatkan menumpuknya masalah untuk masyarakat, karena di tengah pandemi yang menyulitkan perekonomian masyarakat, kini ditambah dengan banjir yang menggenangi rumah, sawah, ladang, jalan dan berbagai fasilitas umum," kata Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) dari Daerah Pemilihan Jawa Tengah VIII Banyumas-Cilacap itu.

Baca juga: BPBD: Banjir luapan Sungai Serayu melanda sejumlah wilayah Banyumas

Terkait dengan berbagai kejadian bencana yang melanda Banyumas dan Cilacap di tengah pandemi COVID-19, dia mengatakan, pihaknya bersama PKB terus berusaha untuk selalu hadir di tengah-tengah masyarakat meskipun dengan keterbatasan.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya juga menyalurkan bantuan untuk para korban bencana banjir dan longsor maupun warga terdampak pandemi COVID-19 di Kabupaten Banyumas dan Cilacap.

Baca juga: BPBD Banjarnegara kirim perahu karet ke lokasi banjir Purbalingga

Baca juga: BPBD Banjarnegara ingatkan warga waspada tanah bergerak saat hujan


"Khusus untuk kejadian banjir akibat luapan Sungai Serayu, kami melalui DPC PKB Kabupaten Banyumas maupun FPKB DPRD Kabupaten Banyumas telah menyalurkan bantuan kepada warga terdampak bencana itu di Desa Somagede," katanya.

Seorang tokoh masyarakat Desa Somagede, Riswandi menyampaikan terima kasih kepada Anggota DPR RI Siti Mukaromah dan DPC PKB Kabupaten Banyumas yang telah peduli dan memberikan perhatian kepada warga yang tertimpa musibah.

"Semoga kebaikan ini menambah semangat warga untuk tetap sehat, sabar dan kuat serta ikhlas dalam menghadapi ujian ini dan bisa segera bangkit untuk kembali menjalani rutinitas sebagaimana biasanya," katanya.

Baca juga: Korban tenggelam di Pantai Rawajarit Cilacap ditemukan meninggal

Baca juga: Polresta Banyumas terjunkan personel bantu evakuasi korban banjir


 

Pewarta : Sumarwoto
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar