Jakarta (ANTARA) - Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan IPB University mendapatkan Anugerah Perguruan Tinggi Terinovatif dari Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemristek/BRIN) 2020 dalam rangka Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-25 dan Inovasi Indonesia Expo 2020 pada 10 November 2020.

Berdasarkan siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu, penghargaan kepada IPB University dalam anugerah Habibie Prize 2020 juga diberikan kepada Guru Besar IPB University bidang iklim kehutanan, adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, Prof Dr Daniel Murdiyarso mendapatkan Penghargaan Habibie Prize 2020 Bidang Rekayasa.

Prof Daniel yang merupakan dosen IPB University di Departemen Geofisika dan Meteorologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (GFM-FMIPA) menerima penghargaan Habibie Prize bersama dengan Wakil Rektor Bidang Inovasi, Bisnis dan Kewirausahaan/Kepala Lembaga Kawasan Sains dan Teknologi Prof Dr Erika B Laconi menerima penghargaan Perguruan Tinggi Terinovatif.

Atas capaian ini Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria mengungkapkan rasa syukur sekaligus menyampaikan apresiasi kepada segenap sivitas akademika atas kerja kerasnya dalam menghidupkan atmosfer inovasi di kampus IPB University.

Baca juga: Tiga profesor IPB sampaikan pra-orasi ilmiah jelang pengukuhan

Baca juga: Kampus harus mampu bekali mahasiswa beradaptasi dengan perubahan


"Prestasi ini merupakan hasil kerja keras seluruh sivitas akademika. Pencapaian ini kian menguatkan posisi IPB University sebagai kampus dengan tagline Innovation with Integrity, " kata Rektor.

Presiden RI Joko Widodo yang berkesempatan memberi sambutan dalam acara peringatan Hakteknas ke-25 tersebut mengharapkan inovasi karya anak negeri terus bertambah dan bisa dirasakan manfaatnya di masyarakat . "Diharapkan inovasi-inovasi dari anak bangsa dapat terus bertambah dan dapat dimanfaatkan baik secara nasional, regional dan internasional, " ujarnya.

Acara ini dihadiri oleh enam Menteri Kabinet Indonesia Maju, gubernur, akademisi, peneliti, mitra industri dan pemerintah daerah baik secara daring (online) maupun luring (offline). Lebih dari 300 peserta daru seluruh Indonesia mengikuti acara ini secara daring.

Penganugerahan Perguruan Tinggi Inovatif diberikan langsung oleh Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Prof Dr Bambang PS Brodjonegoro.

Anugerah ini diberikan dengan tujuan untuk mengapresiasi prestasi perguruan tinggi dalam membangun sistem inovasi melalui penguatan kebijakan, kelembagaan, sumber daya, dan jaringan inovasi dalam menghasilkan produk inovasi yang memberikan solusi bagi permasalahan bangsa dan menjadi terobosan dalam penguatan ekonomi dan daya saing nasional.*

Baca juga: Akademisi kelautan ingatkan dampak La Nina bagi nelayan

Baca juga: IPB University berdayakan ekonomi korban bencana Sukabumi


Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020