desa maupun kecamatan yang sudah berzona hijau kami minta jangan sampai lengah
Gresik, Jatim (ANTARA) - Sembilan dari 18 kecamatan di Kabupaten Gresik, Jawa Timur mampu memasuki zona hijau penyebaran COVID-19 atau nihil pasien konfirmasi positif corona, seiring penurunan yang terus termenerus angka positif di wilayah setempat.

Kabag Humas Pemkab Gresik Reza Pahlevi di Gresik, Selasa mengatakan secara umum angka kesembuhan COVID-19 di wilayahnya mencapai 88 persen, dan angka kematian hanya 6 persen.

Ia mengatakan, sembilan kecamatan yang masuk zona hijau masing-masing Kecamatan Dukun, Driyorejo, Kedamean, Ujungpangkah, Sangkapura, Tambak, Benjeng, Wringinanom serta Panceng.

Sementara itu, hingga saat ini jumlah kasus COVID-19 di Gresik yang masih dirawat hanya 97 pasien, dari akumulasi kasus sejak Maret lalu mencapai 3.685 kasus, dengan pasien meninggal dunia sebanyak 234 orang.

Baca juga: Tingkat kesembuhan tinggi, 8 kecamatan di Gresik nihil pasien COVID-19

Baca juga: Gresik masuk zona kuning penyebaran COVID-19


"Sebetulnya, kembalinya Gresik ke zona orange secara umum setelah sebelumnya masuk zona kuning karena adanya tambahan kasus lebih banyak di hari tertentu. Selisih antara zona kuning dan orange pun hanya terpaut 0,24 point," katanya.

Reza meminta, kepada pemegang kebijakan di kecamatan yang sudah masuk zona hijau tidak boleh lengah meski kasus sudah bisa dikendalikan.

Sementara itu, Reza mengaku, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto telah menyiapkan hadiah berupa sapi bagi kecamatan yang mampu mempertahankan zona hijau.

"Pak bupati sudah menyiapkan pendanaannya. Namun desa maupun kecamatan yang sudah berzona hijau kami minta jangan sampai lengah, dan perlu komitmen untuk mempertahankan zona hijau," katanya.

Baca juga: Gubernur Jatim serahkan bantuan ventilator untuk 17 RS di tiga daerah

Baca juga: Dinkes Gresik: Progres kesembuhan pasien COVID-19 di GJS bagus

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020