Parigi (ANTARA) -
Kementerian Kesehatan memberikan bantuan satu unit Speedboat Ambulance untuk Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, sebagai upaya mendukung optimalisasi pelayanan kesehatan di kabupaten itu.
 
Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu, di Parigi, Ahad, berterima kasih atas bantuan dari pemerintah pusat yang sudah memperhatikan daerah yang dipimpinnya.
 
"Keberadaan speedboat ini sangat besar manfaatnya bagi masyarakat Parigi Moutong, karena kabupaten ini memiliki garis pantai kurang lebih 472 kilometer," ujar Samsurizal.
 
Bupati menjelaskan Parigi Moutong masuk dalam kawasan Teluk Tomini yang membentang dari arah Utara atau perbatasan Provisi Gorontalo ke arah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Poso dan Teluk Tomini merupakan teluk terbesar di Pulau Sulawesi, sehingga sangat tepat jika satu armada ditempatkan di perairan kabupaten tersebut.

Baca juga: Organisasi kesehatan bantu pemeriksaan kesehatan korban banjir Parigi

Baca juga: BPBD sebut Banjir di Parigi Moutong dampak cuaca buruk
 
Dia menuturkan, salah satu mata pencaharian tetap masyarakat Parigi Moutong yakni nelayan. Ambulans laut ini sangat membantu jika terjadi situasi darurat, seperti nelayan mengalami musibah di tengah laut maupun masyarakat melakukan perjalanan melalui jalur laut.
 
"Saya berharap Dinas Kesehatan setempat lebih optimal dan efisien melaksanakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat," katanya.
 
Bupati menyebutkan armada ini telah dilengkapi dengan sejumlah peralatan penunjang medis, sehingga dapat diandalkan untuk pertolongan pertama dan evakuasi, serta bisa berfungsi sebagai tempat perawatan pasien dalam keadaan darurat.
 
Dia berpesan pengoperasian armada kesehatan laut oleh Dinas Kesehatan agar berlangsung 24 jam, termasuk menjaga dan merawat sarana tersebut, sehingga dapat digunakan dalam jangka panjang.
 
"Wajib bagi kita menjaga aset-aset ini. Kita patut bersyukur karena sarana kita cukup lengkap khususnya bagi kendaraan operasional, termasuk ambulans," kata bupati menambahkan.
 
Armada itu diserahkan secara simbolis pada Sabtu (7/11), dan Bupati Samsurizal Tombolotutu langsung ikut ujicoba armada tersebut yang berlangsung di Kecamatan Tinombo.*

Baca juga: BPBD: Parigi Moutong rawan banjir jika cuaca buruk

Baca juga: Disabilitas Parigi Moutong mendapat bantuan alat kerja dari Kemensos

Pewarta: Muhammad Arshandi/Moh Ridwan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020