ini sebagai bentuk syukur kami
Sidoarjo (ANTARA) -
Petugas Lapas Porong, Sidoarjo, Jawa Timur membagikan ratusan masker dan juga cairan pembersih tangan hasil karya narapidana kepada masyarakat yang melintas di depan lapas.
 
Kalapas Porong Gun Gun Gunawan Jumat mengatakan pembagian masker itu dilakukan dalam rangka peringatan Hari Bakti Lembaga Pemasyarakatan.
 
"Hal ini sebagai bentuk syukur kami dan juga ungkapan terima kasih karena mampu menangani permasalahan virus COVID-19 di dalam lingkungan lapas," katanya.
Ia menjelaskan, di Lapas Porong sebelumnya terdapat puluhan narapidana yang dinyatakan positif terpapar virus corona sehingga mereka harus menjalani karantina di salah satu blok lapas.
 
"Kini puluhan narapidana dan pegawai lapas yang sebelumnya terpapar COVID-19, telah sembuh," katanya.
 
Ia mengatakan, saat ini tinggal satu orang napi yang saat ini dirawat di sebuah rumah sakit.
 
"Itupun karena komorbit dan belum tentu terkena COVID-19. Beberapa napi yang sebelumnya terpapar dan seluruh pegawai kami telah mengikuti uji usap dan hasilnya negatif," ucapnya.
Ia mengatakan, meskipun saat ini Lapas Porong telah terbebas dari COVID-19, namun pihaknya tetap melakukan protokol kesehatan yang ketat di lingkungan Lapas.
 
"Setiap dua pekan sekali, kami berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Sidoarjo untuk melakukan penyemprotan di lingkungan lapas menggunakan armada pemadam kebakaran,” tutur Gun Gun.
 
Ia mengatakan, supaya tidak ada lagi penyebaran COVID-19 di dalam lapas, pihaknya menerapkan disiplin yang tinggi baik bagi narapidana maupun pegawai. Bahkan, dua pegawai penjagaan yang tidak mematuhi protokol kesehatan diberi sanksi menyapu halaman lapas.
 
"Sekarang kesadaran seluruh narapidana yang berjumlah 2.215 orang meningkat tajam. Setiap pagi semuanya mengikuti senam di lapangan dalam lapas. Mereka sadar ancaman pandemi ini belum berlalu," katanya.

Baca juga: 56 WBP Lapas Porong sembuh dari COVID-19

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020