Sukabumi (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) mengirim pasokan air bersih ke lokasi bencana banjir bandang di wilayah Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dengan mengerahkan satu truk tanki air bersih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya pengungsi.

"Saat ini yang menjadi kebutuhan mendesak pasca-banjir bandang di Kecamatan Cicurug tersebut adalah air bersih. Melihat kebutuhan mendasar tersebut, PMI Pusat menurunkan bantuan armada mobil tangki air bersih dan alat pendukung lainnya beserta sejumlah personel ke lokasi kejadian,” kata Sekretaris Jendral PMI Pusat Sudirman Said melalui sambungan telepon dari Sukabumi, Selasa.

Menurutnya, armada truk tanki air bersih yang disiapkan PMI Pusat atas perintah Ketua Umum PMI Jusuf kalla, mengingat dalam kondisi darurat, seperti banjir, ketersediaan air bersih menjadi hal yang utama dan dibutuhkan warga.

Truk tangki ini bersiaga di lokasi posko tanggap darurat untuk mendistribusikan bantuan air bersih kepada korban banjir, karena pascabencana persediaan air bersih sangat terbatas, apalagi sumber air warga terkontaminasi oleh air kotor dan lumpur.

Selain itu, tim dari PMI Pusat sudah berada di lokasi bersama sejumlah relawan dari PMI setempat untuk melakukan pelayanan assessment, evakuasi dan pelayanan pertolongan pertama kepada warga yang mengalami luka luka.

Baca juga: Tiga kecamatan di Sukabumi dilanda banjir

"Kami juga mengirimkan bantuan lainnya, berupa masker, hygiene kit, terpal dan kebutuhan dasar lainnya untuk para korban bencana banjir bandang di Kabupaten Sukabumi," katanya.

Baca juga: Tim SAR temukan lagi satu jenazah korban banjir bandang

Sudirman mengatakan pengerahan relawan ke lokasi bencana dilakukan hingga masa tanggap darurat bencana ditutup. Selain itu pelayanan lainnya yang disediakan PMI berupa pemeriksaan kesehatan dan lainnya.

Baca juga: 12 rumah di Sukabumi hanyut 85 terendam banjir bandang

Dalam melakukan operasi tanggap darurat bencana banjir bandang ini, PMI sudah berkoordinasi dengan Pemkab Sukabumi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukabumi, BNPB dan unsur lainnya.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2020