Ambon (ANTARA) - Kepala Staf Kepresidenan R, Moeldoko mendukung upaya revitalisasi Benteng Victoria Kota Ambon.

"Saya telah mendengar dan mengikuti perkembangan revitalisasi Benteng Victoria ini, termasuk upaya yang dilakukan Pemkot. Hal ini tidak terlalu sulit karena baik pemerintah daerah maupun TNI dalam hal ini Kodam XVI Pattimura, sama-sama membutuhkan, apalagi KASAD sudah menyetujui, " katanya dalam rilis yang diterima ANTARA, saat pertemuan dengan Wali Kota Ambon di Kantor Staf Presiden, Kamis.

Ia mengatakan, yang harus disiapkan yakni lahan dan anggaran pembangunan. Pihaknya akan mendorong anggaran revitalisasi ini ke Bappenas, agar bisa dimasukkan dalam rencana strategis.

Baca juga: Revitalisasi Benteng Victoria, Kemenhan-Pemkot Ambon jalin kerja sama

"Yang perlu disiapkan adalah lahan dan anggaran yang dimasukkan dalam APBN. Karena itu, kita akan bantu dorong ke Bappenas, agar anggaran revitalisasi Benteng Victoria ini bisa masuk dalam rencana strategis Bappenas tahun anggaran 2021," ujarnya

Moeldoko menyatakan, revitalisasi tidak boleh dipersulit, karena ini bukan untuk kepentingan komersial, tetapi untuk kepentingan pendidikan, bela negara, pariwisata dan ekonomi.

"Kita akan mengundang Bappenas, Kementerian Keuangan, PUPR, Kemenhan, untuk membicarakan realisasi revitalisasi ini. Karena ini hanya pindah bukukan, tidak perlu ada hitung-hitungan ganti rugi. Oleh karena itu kita akan kerja keras supaya bisa direalisasikan," katanya.

Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy menjelaskan, saat Kodam XVI Pattimura dipimpin Doni Moenardo, telah dilakukan pertemuan dengan Pemkot Ambon untuk membicarakan revitalisasi ini.

Baca juga: Moeldoko pastikan kasus penyerangan Syekh Ali Jaber diusut tuntas

Setelah itu, Pemkot Ambon mengambil langkah selanjutnya dengan mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi Maluku, DPRD Kota Ambon dan DPRD Maluku, juga telah melakukan pertemuan dengan Kepala Staf Angkaran Darat (KASAD), yang juga mendukung revitalisasi tersebut.

Pihaknya juga akan bertemu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Menteri pertahanan.

Richard mengakui, proses revitalisasi ini tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat, tetapi upaya agar bisa diproses agar penganggaran masuk di tahun 2021 telah dilakukan dengan intens.

"Kami berupaya agar proses revitalisasi berjalan dengan baik dan mendapat dukungan penuh, karena memiliki nilai sejarah tentang awal berdirinya Kota Ambon," katanya.

Baca juga: Moeldoko buka pameran foto LKBN ANTARA "Indonesia Bergerak 1900-1942"
Baca juga: KSP apresiasi pameran virtual Indonesia Bergerak 1900-1942

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020