dengan bertambahnya tiga orang hari ini maka pasien yang masih positif sebanyak 22 orang
Simpang Empat (ANTARA) - Pasien positif Corona Virus Disease (COVID-19) di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) pada Senin  bertambah tiga orang sehingga total menjadi 22 orang. 

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 Pasaman Barat Gina Alecia di Simpang Empat, Senin, mengatakan ketiga orang yang positif terinfeksi COVID-19 itu adalah Plt Direktur RSUD Pasaman Barat YU (62), sopirnya ZU (44) dan SW (56) warga Mahakarya Kecamatan Luhak Nan Duo.

"Satu orang pasien akan diperiksa kesehatannya di RSUD Pasaman Barat dan jika kesehatannya tidak memungkinkan maka akan diisolasi ke Balai Diklat Talu Kecamatan Talamau. Sedangkan dua orang pasien tidak dapat dihubungi," sebutnya.

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di Pasaman Barat bertambah satu orang

Dengan bertambahnya tiga orang maka jumlah pasien yang masih positif COVID-19 di Pasaman Barat hinga Senin menjadi 22 orang.

"Hari ini dua orang pasien dinyatakan sembuh yakni Am (23) dan pelajar pesantren di Kota Padang GAF (13). Jadi dengan bertambahnya tiga orang hari ini maka pasien yang masih positif sebanyak 22 orang," ujarnya.

Ia menyebutkan pihak Dinas Kesehatan Pasaman Barat sudah melakukan proses pelacakan dan testing terhadap riwayat kontak pasien tersebut.

Kemudian diberitahukan pada 31 Agustus hingga 6 September 2020 terdapat 1.014 sampel usap dari Pasaman Barat yang telah dikirim ke Laboratorium Unand Padang.

Baca juga: Petugas COVID-19 Pasaman Barat evakuasi paksa pasien tolak isolasi

Baca juga: Tujuh paramedis di RSUD Pasaman Barat positif COVID-19


Dari 1.014 sampel itu telah keluar hasil tes swab sebanyak 859 sampel. Kemudian sebanyak 155 sampel belum keluar hasilnya karena masih menumpuknya sampel yang masuk ke Laboratorium Unand Padang.

"Untuk hasil sampel yang belum keluar, kita harapkan bersabar menunggu pemberitahuan lanjutan dari Laboratorium Unand dan akan kami informasikan secara berkala," sebutnya.

Ia berharap bagi yang hasil tes usapnya belum keluar untuk tetap melakukan isolasi mandiri untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di Pasaman Barat bertambah menjadi 14 orang

Baca juga: Tiga orang pasien positif COVID-19 di Pasaman Barat sembuh


 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020