Beijing (ANTARA) - Saham-saham China ditutup lebih tinggi pada perdagangan Selasa, rebound dari penurunan hari sebelumnya, dipimpin oleh saham-saham terkait kendaraan energi baru dan pertambangan, ketika data pabrik yang kuat mengangkat sentimen pasar secara keseluruhan.

Indikator utama pasar saham China, Indeks Komposit Shanghai terangkat 0,44 persen menjadi berakhir di 3.410,61 poin, sementara Indeks Komponen Shenzhen yang melacak saham-saham di bursa kedua China ditutup menguat 0,66 persen menjadi menetap pada 13.849,66 poin.

Nilai transaksi gabungan saham yang mencakup kedua indeks tersebut mencapai 851,4 miliar yuan (124,3 miliar dolar AS), merosot dari 1,03 triliun yuan (sekitar 150,8 miliar dolar AS) pada perdagangan hari sebelumnya.

Baca juga: Saham China ditutup lebih rendah setelah naik dua hari berturut-turut

Saham-saham yang terkait dengan sektor otomotif dan pertahanan militer memimpin kenaikan. The Great Wall Motor Company Limited dan produsen kendaraan energi baru terkemuka BYD keduanya melonjak pada batas harian 10 persen menjadi ditutup masing-masing pada 15,35 yuan dan 93,5 yuan.

Melawan tren kenaikan, saham-saham produsen minuman keras dan semen mengalami kerugian besar.

Sementara itu Indeks ChiNext yang melacak saham-saham perusahaan sedang berkembang di papan bergaya Nasdaq China, terdongkrak 0,81 persen menjadi ditutup pada 2.750,42 poin.

Baca juga: Saham Australia ditutup anjlok, Indeks ASX berada di bawah 6.000 poin

Baca juga: Saham Tokyo berakhir turun tipis, investor kunci keuntungan

Baca juga: Saham Korsel ditutup "rebound," Indeks KOSPI terangkat 1,01 persen

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020