Kasus positif COVID-19 di Kaltara bertambah sembilan

id covid,positif

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Kaltara, Agust Suwandy. Antara/Susylo Asmalyah

Tarakan (ANTARA) - Kasus positif COVID_19  di Kalimantan Utara bertambah sembilan sehingga secara kumulatif terkonfirmasi sebanyak 312 orang.

“Jumlah pasien yang sembuh sebanyak 286 orang, meninggal dua orang, masih dirawat ada 24 orang yang tersebar tujuh orang di Tarakan, enam di Bulungan, Lima di Nunukan dan enam di Malinau,” kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Kaltara, Agust Suwandy di Tanjung Selor, Kamis.

Sembilan kasus baru tersebar di Bulungan sebanyak satu orang yang terpapar dugaan transmisi lokal, enam orang dari Malinau terpapar karena kontak erat dari klaster perusahaan dan dua orang dari Tarakan.

Baca juga: Pasien positif COVID-19 sembuh bertambah empat orang

Kemudian tambahan pasien yang sembuh dari positif COVID-19 sebanyak tujuh orang dari Malinau merupakan klaster perusahaan. Dengan persentase kesembuhan 92,25 persen.

Selanjutnya jumlah suspek yang diisolasi sebanyak 62 orang. Kasus suspek bila seseorang memiliki salah satu kriteria berikut yakni orang dengan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di negara/wilayah Indonesia yang melaporkan transmisi lokal.

Kemudian orang dengan salah satu gejala/tanda ISPA pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat kontak dengan kasus konfirmasi/probable COVID-19. Serta orang dengan ISPA berat/pneumonia berat yang membutuhkan perawatan di rumah sakit dan tidak ada penyebab lain berdasarkan gambaran klinis yang meyakinkan.

“Untuk kasus probable di Kaltara ada 18 orang, kasus probable yakni kasus suspek dengan ISPA berat/meninggal dengan gambaran klinis yang meyakinkan COVID-19 dan belum ada hasil pemeriksaan laboratorium RT-PCR,” kata Agust.

Baca juga: Ruang Baleg disemprot disinfektan, setelah anggotanya positif COVID-19
Baca juga: 1.958 pasien positif COVID-19 di Papua telah sembuh


Pewarta : Susylo Asmalyah
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar