tetap mengutamakan kehati-hatian
Yogyakarta (ANTARA) - Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta belum berencana menerapkan pembelajaran secara tatap muka di seluruh jenjang pendidikan, khususnya SMA/SMK pada semester gasal tahun pelajaran 2020/2021 di masa pandemi COVID-19.

"Untuk sementara tampaknya DIY belum memungkinkan melakukan (pembelajaran) tatap muka," kata Kepala Disdikpora DIY Didik Wardaya saat dihubungi di Yogyakarta, Senin.

Menurut Didik, pembukaan kembali kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah belum memungkinkan berlangsung secara tatap muka mengingat saat ini DIY masih berstatus tanggap darurat bencana COVID-19.

Selain itu, perkembangan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di DIY juga belum menunjukkan tren penurunan.

Baca juga: Disdik Jatim uji coba pembelajaran tatap muka SMA/SMK pada 18 Agustus
Baca juga: Ketua MPR dorong Mendikbud kaji kembali izin sekolah zona kuning


Pembukaan kembali kegiatan pembelajaran tatap muka, kata Didik, perlu diputuskan dengan kehati-hatian disertai kajian yang matang termasuk mempertimbangkan masukan dari para orang tua siswa.

"Jangan sampai muncul klaster penularan baru dari dibukanya sekolah. Itu yang harus kita jaga dengan tetap mengutamakan kehati-hatian," kata dia.

Kasus penularan COVID-19 di Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) di Bandung, menurut dia, dapat menjadi bahan refleksi bersama bahwa di lingkungan pendidikan yang menerapkan disiplin ketat pun masih bisa terjadi transmisi COVID-19.

Didik menyebutkan bahwa prosedur standar operasi (SOP) untuk pelaksanaan praktikum tatap muka telah disiapkan khususnya bagi siswa SMK di DIY.

Meski demikian, praktikum bagi siswa SMK harus melalui simulasi di beberapa sekolah terlebih dahulu yang pelaksanaannya menunggu hasil evaluasi perkuliahan tatap muka di perguruan tinggi pada September 2020.

"Nanti September seiring mahasiswa masuk kita mungkin juga khususnya untuk yang praktikum akan simulasi," kata dia.

Baca juga: Kupang mulai sekolah tatap muka di rumah
Baca juga: Tak ada internet pelajar di Sikka sekolah tatap muka di bawah pohon


Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan bahwa Gubernur DIY selalu mengingatkan agar pembukaan sekolah maupun perguruan tinggi tidak dilakukan secara gegabah.

"Kita ini kan tidak boleh gegabah ada pembelajaran tatap muka. Terutama untuk kelas-kelas kecil sehingga kita nanti uji cobanya justru di mahasiswa," kata dia.

Menurut dia, pembukaan pendidikan dengan tatap muka tidak perlu tergesa-gesa agar tidak justru memunculkan klaster penularan COVID-19 di lingkungan pendidikan.

"Kalau kita punya pengalaman untuk mahasiswa kemudian kita geser ke SMA. Pelan-pelan kita tidak tergesa-gesa. Maunya Ngarso Dalem (Sultan HB X) supaya tidak ada klaster pendidikan," kata Aji.

Baca juga: Sekolah buka KBM tatap muka harus persetujuan orang tua
Baca juga: Doni Monardo: 163 kabupaten/kota zona kuning boleh sekolah tatap muka

 

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020