Akan tetapi karena terjadinya wabah dan pandemi COVID-19, maka peresmian mushala melalui Program "100 Mushala Indah" di Provinsi Banten belum bisa dilaksanakan
Serang (ANTARA) - Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten bekerja sama dengan Wali Care, Lembaga Dakwah dan Sosial Kemanusiaan milik gruk musik Wali Band, melakukan rehabilitasi 20 mushala di Banten melalui Program "100 Mushala Indah".

"Alhamdulillah pada tahun 2019 lalu UPZ Baznas Pemprov Banten telah menyalurkan zakat aparatur sipil negara (ASN) melalui Program '100 Mushala Indah', dan sudah 10 mushala yang selesai direhabilitasi," kata Kepala UPZ Baznas Banten, Toton Suriawinata di Serang, Kamis..

"Insya Allah, UPZ Baznas Pemprov Banten dan Wali Care akan melanjutkan Program 100 Mushala Indah dengan merehabilitasi sebanyak 10 mushala lagi di tahun 2020 sehingga total menjadi 20 Mushola Indah yang direhabilitasi selama 2019-2020," tambahnya.

Toton mengatakan, bahwa sumber dana rehabilitasi 20 mushala tersebut diambil dari alokasi pengelolaan zakat ASN Pemerintah Provinsi Banten yang dikumpulkan oleh UPZ Baznas Pemprov Banten.

Ia mengatakan, sejumlah mushala yang telah selesai direhabilitasi pada bulan Desember 2019 di antaranya Mushala Al-Istiqomah di Kecamatan Petir, Kabupaten Serang, Nurul Iman di Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Pandeglang, Al-Barokah di Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Darul Muttaqien di Wanasalam serta sejumlah mushla di wilayah Tangerang.

Gitaris Wali Band sekaligus Pemimpin Wali Care, Apoy menyatakan terima kasih kepada UPZ Baznas Pemprov Banten yang telah menyalurkan zakat ASN Pemprov Banten dalam mendukung Program "100 Mushala Indah" di wilayah Banten.

“Kami atas nama Wali Band dan juga Wali Care menghaturkan terima kasih kepada UPZ Baznas Pemprov Banten yang mempercayakan sebagian dana zakat ASN untuk dikelola Wali Care dalam merehabilitasi 20 mushala di Banten melalui kerja sama Program 100 Mushola Indah,” kata Apoy dalam silaturahmi dan penandatangan prasasti program tersebut.

Pihaknya juga secara khusus menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Banten Wahidin Halim beserta jajarannya yang telah mendukung sekaligus menjembatani Wali Care untuk dapat bekerjasama dengan UPZ Baznas Pemprov Banten.

Baca juga: Wali Band hibur warga perbatasan

Baca juga: Wali Band jadi Duta Penyu


Baca juga: Dahlan kolaborasi Wali Band hibur anak yatim

Wali Care dan UPZ Baznas Pemprov Banten secara resmi bekerja sama sebagai satu tim kerja dalam Program "100 Mushola Indah" di Banten sejak bulan Oktober 2019 melalui penandatanganan kesepakatan kerjasama dan pembentukan tim kerja di Masjid Raya Al-Bantani, Serang.

“Kami mulai bergerak menyalurkan dana rehabilitasi kepada 10 mushala yang sudah kami pilih sesuai kriteria Program 100 Mushola Indah pada bulan November 2019 dan akhir bulan Desember 2019 semua mushala sudah selesai direhabilitasi," katanya.

Menurut dia pada Januari 2020 ada peresmian 10 mushala secara berkala yang mestinya dihadiri seluruh personel Wali Band, pihak Baznas Provinsi Banten dan UPZ Pemprov Banten.

"Akan tetapi karena terjadinya wabah dan pandemi COVID-19, maka peresmian mushala melalui Program '100 Mushala Indah' di Provinsi Banten belum bisa dilaksanakan," katanya.

"Alhamdulillah, 10 mushala tersebut sudah digunakan untuk beribadah oleh masyarakat setempat. Semoga wabah corona ini segera berakhir dan kita dapat melanjutkan Program 100 Mushola Indah. Amin.” kata Apoy.

Sekretaris Jenderal Wali Care, Andikey Kristianto menambahkan bahwa lanjutan 10 mushala yang akan direhabilitasi di tahun 2020 akan dimulai setelah Provinsi Banten dinyatakan sebagai daerah zona hijau COVID-19 dan dinyatakan bebas untuk segala aktivitas publik. 

Baca juga: Terinspirasi petugas medis, Wali rilis "Kisah Pahlawan Bermasker"

Baca juga: Wali Band tutup rangkaian HUT ke-19 Provinsi Banten

Baca juga: Wali berkurban sambil hibur warga Kademangan

Baca juga: Wali Band patok limosin satu ton untuk hewan kurban

Pewarta: Mulyana
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020