Jakarta (ANTARA News) - Direktur Eksekutif Lingkar Madani (Lima) Ray Rangkuti meminta ketua panitia angket kasus Bank Century Idrus Marham membuat komitmen kepada masyarakat dalam mengungkap persoalan Bank Century yang sesungguhnya.

"Masyarakat memiliki harapan besar kepada panitia angket untuk mengungkap persoalan Bank Century yang sebenarnya secara transparan, bukan persoalan yang sudah di-setting," kata Ray Rangkuti dalam diskusi "Pansus Angket Century Kawan atau Lawan" di sekretariat Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) di Jakarta, Selasa.

Dikatakan Ray, ketua panitia angket kasus Bank Century sebagai "pengemudi" panitia angket akan diarahkan kemana. Jika panitia angket salah arah akan berdampak luar biasa pada Pemilu legislatif 2014 mendatang.

Karena itu, panitia angket, menjadi ujian bagi ketua dan anggota panitia angket maupun parpol tempatnya bernaung,

Posisi ketua dan anggota panitia angket, bisa menjadi kawan atau lawan.

Saat ini, kata dia, posisi ketua ketua panitia angket kita sebut kawan minimal, tapi ke depan sangat tergantung pada komitmennya dalam menyelesaikan persoalan Bank Century.

"Jika arah penyelesaian kasus Bank Century dilakukan secara sungguh-sungguh dan secara transparan maka bisa menjadi kawan maksimal, sebaliknya jika penyelesaiannya mengecewakan masyarakat maka bisa menjadi lawan," kata Ray.

Ketua panitia angket kasus Bank Century, Idrus Marham juga menjadi pembicara pada diskusi tersebut mengatakan, mengucapkan terima kasih atas kritik dan masukan yang disampaikan Ray Rangkuti.

Menurut dia, Ray adalah kawan yang sebenarnya karena berani menyampaikan kritik.

"Kritik dan masukan tersebut sangat berharga bagi saya sebagai masukan sebelum saya melangkah lebih jauh, apakah saya akan menempuh jalan yang lurus atau masuk jurang," kata anggota DPR dari Fraksi Partai Golkar ini.

Menurut dia, kritik dan masukan tersebut juga semakin menguatkan semangatnya untuk mengungkap persoalan Bank Century hingga tuntas.

Waktu dua bulan yang diberikan kepada panitia angket untuk mengungkap persoalan Bank Century, katanya, sangat singkat, sehingga ia membagi tugas kepada wakil ketua panitia angket untuk menyusun mekanisme kerja, jadwal kerja, serta anggaran.

Panitia angket kasus Bank Century sebanyak 30 orang ditetapkan pada rapat paripurna DPR, Jumat (4/12) padi dan malam harinya dilakukan rapat pleno pemilihan pimpinan.

Hasil rapat pleno tersebut menetapkan Idrus Mahram (Fraksi Partai Golkar) sebagai ketua panitia angket kasus Bank Century. Sedangkan wakilnya terdiri dari, Gayus Lumbuun (Fraksi PDI Perjuangan), Mahfud Siddik (Fraksi PKS), dan Yahya Sacawiria (Fraksi Partai Demokrat).
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009