Hari ini ada penambahan kasus sembuh sembilan orang
Kendari (ANTARA) - Tim Gugus Tugas Percepatan Penangan COVID-19 Sulawesi Tenggara (Sultra) menyampaikan bahwa pasien sembuh dari COVID-19 di daerah itu sebanyak 464 orang dari total 782 kasus per Kamis 30 Juli 2020.
 

Juru Bicara (Jubir) GTPP COVID-19 Sultra, dr La Ode Rabiul Awal di Kendari, mengatakan terjadi penambahan sembilan orang sembuh di Sultra dari Kota Kendari, Kabupaten Konawe Selatan, Muna Barat dan Kolaka.
 

"Hari ini ada penambahan kasus sembuh sembilan orang. Rincian kasus sembuh empat dari Kendari, satu dari Konawe Selatan dan dua orang masing-masing dari Muna Barat dan Kolaka," kata Rabiul.
 

Meski demikian, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sulawesi Tenggara ini juga mengungkapkan bahwa hari ini Sultra masih ada penambahan enam kasus baru sehingga total kasus konfirmasi positif COVID-19 secara keseluruhan menjadi 782 orang.
 

"Rincian kasus baru masing-masing satu orang dari Kota Baubau, Kota Kendari, Konawe Selatan dan tiga kasus dari Kabupaten Muna," tutur Rabiul.

Baca juga: Jubir COVID-19 sebut secara umum Sulawesi Tenggara masuk zona orange

Baca juga: 225 sekolah di Konawe Utara-sultra dibantu alat pencegahan COVID-19

 

Juru Bicara (Jubir) GTPP COVID-19 Sultra, dr La Ode Rabiul Awal di Kendari (ANTARA/Harianto)

Dokter yang akrab disapa Dokter Wayong ini juga menyampaikan, bahwa kasus meninggal di daerah Sulawesi Tenggara tidak ada penambahan yakni tetap sebanyak 13 orang. Kemudian pasien yang tengah menjalani perawatan isolasi maupun karantina sebanyak 305 orang.
 

Wayong mengimbau kepada seluruh masyarakat Sulawesi Tenggara agar selalu memproteksi diri dari virus corona dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan salah satunya menjaga jarak, menggunakan masker dan sering mencuci tangan dengan menggunakan sabun.
 

"Kepada teman-teman gugus tugas provinsi maupun kabupaten/kota jangan lengah, tetap siaga karena wabah masih terjadi. Kita harus terus melakukan edukasi pencegahan secara masif dan deteksi sebingga wabah ini bisa kita kendalikan," pungkas Wayong.

Baca juga: Pasien positif COVID-19 Sultra bertambah 35 orang

Baca juga: Pasien sembuh COVID-19 di Sultra sebanyak 372 dari 587 kasus


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020