Rekomendasi untuk kedua pasangan bakal calon itu sudah dikeluarkan sejak minggu lalu
Jayapura (ANTARA) - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan memberikan rekomendasi kepada pasangan Martinus Wagi dan Isak Bangri untuk maju dalam pemilihan kepala daerah di Kabupaten Boven Digul.

Wakil Ketua Pemenangan Pemilu DPD PDIP Papua Erwin Kbarek, di Jayapura, Kamis, mengatakan rekomendasi untuk kedua pasangan bakal calon itu sudah dikeluarkan sejak minggu lalu.

Dengan dikeluarkannya rekomendasi untuk kedua pasangan bakan calon bupati dan wakil bupati di Boven Digul, maka baru dua dari 11 kabupaten yang menerimanya.

Sebelumnya, DPP PDIP telah mengeluarkan rekomendasi untuk pasangan petahana Bupati Elisa Kambu dan Wakil Bupati Thomas Safanpo dalam Pilkada Kabupaten Asmat.
Baca juga: Mendagri dorong kepala daerah segera cairkan anggaran pilkada


Rekomendasi untuk sembilan kabupaten lainnya dijadwalkan sebelum minggu pertama Agustus, kata Kbarek seraya mengakui, dari 11 kabupaten tercatat dua kabupaten yang tidak ada keterwakilan dari PDIP, yaitu Kabupaten Pegunungan Bintang dan Yahukimo.

Karena itulah, pihaknya tidak mengajukan calon dalam Pilkada 2020 yang akan digelar tanggal 9 Desember mendatang, ujar Kbarek.

Erwin Kbarek mengakui, dari 11 kabupaten yang akan menggelar pilkada tercatat dua kabupaten ketua DPRD-nya dari PDIP, yakni DPRD Asmat mendapat 12 dari 25 kursi, dan DPRD Boven Digul dari 20 kursi tercatat empat kursi.

Sedangkan di kabupaten lainnya, PDIP hanya memperoleh dua hingga empat kursi, kata Erwin Kbarek.

Pilkada tanggal 9 Desember 2020 akan dilaksanakan di 11 kabupaten di Papua, yaitu Kabupaten Asmat, Boven Digul, Merauke, Pegunungan Bintang, Yahukimo, Waropen, Nabire, Supiori, Mamberamo Raya, Yalimo, dan Kabupaten Keerom.
Baca juga: Polda Papua siagakan 2.577 personil amankan pilkada di 11 kabupaten

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020