Tangerang (ANTARA) - Ketua Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla menyerahkan bantuan 1000 alat penyemprotan mandiri untuk masjid se-Provinsi Banten.

Penyerahan secara simbolis diberikan langsung Jusuf Kalla kepada Ketua Dewan Masjid Banten Muhamad Rasna Dahlan, dan disaksikan oleh Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, bertempat di Masjid Al Itishom, Ciputat, Kota Tangsel, Senin (20/7).

Jusuf Kalla menjelaskan seluruh warga Indonesia harus berusaha untuk ikut berpartisipasi dalam mengatasi wabah ini.

Baca juga: DMI serahkan 2.000 alat penyemprot kepada pengurus di Jawa Barat

”Jumlah di Indonesia sudah melebihi China. Wabah ini bisa menjangkit siapa pun, tidak pandang jabatan dan atau lainnya. Kemarin Menteri Perhubungan. Bisa jadi masyarakat lainnya,” kata Jusuf Kalla

Dia menambahkan jumlah pasien hingga saat ini bisa terus bertambah dan diprediksi sampai akhir bulan bisa mencapai 100 ribu.

”Ini begitu cepat dan bisa lebih cepat lagi, makin lama bisa makin cepat,” kata dia menambahkan bahwa 5 persen dari pasien yang positif tidak tertolong.

Untuk menghindarinya, JK begitu akrab disapa, memaparkan ada tiga cara yakni pakai masker, cuci tangan pakai sabun dan jaga jarak.

lalu kedua cara mematikannya yakni dengan disinfektan melalui disemprot. Itu cara mematikannya.

Baca juga: DMI ajak masjid ingatkan protokol kesehatan lima waktu

”Ketiga adalah perawatan. Karena itu maka harus kita jaga. Kita punya kapasitas menjaga. Jangan sampai menjadi sumber penularan,” kata dia.

Dia berharap bantuan yang diberikan ini bisa membantu masyarakat dan pemerintah untuk mengatasi dan membatasi penyebaran COVID-19 di mana pun.

Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany menjelaskan bahwa saat ini aktivitas masyarakat harus berdampingan dengan upaya pemerintah dalam memutus mata rantai COVID-19. Sehingga bantuan yang diberikan sangat bermanfaat.

”Setelah mendapatkan bantuan ini, PR untuk marbot masjid, yang sebelumnya membersihkan masjid harus lebih bersih lagi,” kata Airin saat menerima bantuan tersebut di Masjid Al Itishom, Ciputat.

Airin juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Tangerang Selatan akan membangun Masjid Agung di Kecamatan Serpong. Dengan tujuan, memfasilitasi peribadatan masyarakat.

"Terima kasih atas bantuan 1000 alatnya, semoga ini bermanfaat, tapi saya mau minta ditambah, karena di Tangsel saja ada 500 masjid, kalau se Banten pasti kurang, kalau boleh saya minta ditambah," ujar Airin.

Baca juga: DMI Kota Bogor ingatkan Shalat Idul Adha terapkan protokol kesehatan

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020