Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil
Batam (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Batam Kepulauan Riau mencatat tambahan satu kasus positif terpapar virus corona sehingga total kasus menjadi 271 orang pada Minggu.

Tambahan seorang yang positif COVID-19 Minggu ini adalah pelajar perempuan berusia 8 tahun, warga Kecamatan Sagulung.

Baca juga: 232 warga sembuh dari COVID-19 di Batam

"Pada 14 Juli 2020 yang bersangkutan bersama ibu dan adiknya memeriksakan diri ke Puskesmas Sungai Langkai melakukan pemeriksaan RDT guna memenuhi persyaratan penerbangan ke Medan dengan hasil mereka semua dinyatakan reaktif," kata Ketua Gugus Tugas Batam, Muhammad Rudi di Batam.

Dengan hasil itu maka ketiganya dievakuasi ke RS Khusus Infeksi COVID-19 Pulau Galang guna menjalani karantina/isolasi dan pemeriksaan swab tenggorokan.

Baca juga: RS Pulau Galang siap terima pasien COVID-19 dari wilayah lain

Dalam pemeriksaan swab pertama, ketiganya dinyatakan negatif. Namun pada tes kedua, pelajar 8 tahun itu dinyatakan positif, sedang ibu dan adiknya negatif.

"Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini telah ditempatkan di ruang perawatan di RSKI COVID-19 Galang," kata Rudi.

Dalam kesempatan itu, pria yang juga Wali Kota Batam itu menyatakan sesuai penyelidikan epidemiologi, diperoleh kesimpulan sementara, masih mungkin terjadi pertumbuhan kasus COVID-19 yang berkaitan dengan berbagai klaster yang ada, atau kasus baru dari transmisi lokal maupun impor.

Baca juga: Satu tempat hiburan di Batam tutup karena personel band positif corona

"Hal ini mengingat masih banyak ditemui masyarakat yang belum sepenuhnya mematuhi protokol dan imbauan dari pemerintah guna menekan laju pertumbuhan kasus penyakit COVID-19," kata dia.

Ia mengingatkan dan mengimbau masyarakat tetap menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, di rumah saja serta mengenakan masker jika terpaksa keluar rumah.

"Selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan seimbang dan berolahraga secara teratur serta istirahat yang cukup," kata dia.

Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 di Batam tambah dua jadi 227 orang

Baca juga: Pemkot Batam fasilitasi tes cepat COVID-19 gratis untuk santri

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020