Jakarta, 28/10 (ANTARA) - Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar) target program pengembangan 200 desa wisata pada tahun 2010, kata  Sekretaris Ditjen Pengembangan Destinasi Depbudpar Winarno Sudjas di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Selasa (26/10).

     Program pengembangan desa wisata dari 100 desa tahun ini menjadi 200 desa tahun depan itu dengan dukungan dana Program Nasional Pembedayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri.

     Winarno Sudjas mengatakan, besarnya alokasi dana untuk mengembangkan masing-masing desa wisata juga dinaikkan dari Rp 50 juta tahun ini, menjadi Rp 80 juta hingga Rp 100 juta pada tahun depan.  "Tahun depan, jumlahnya meningkat menjadi Rp80 juta--Rp 100 juta /desa yang dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki fasilitas seperti membangun fasilitas seperti home stay, mengolah bahan baku lokal untuk souvenir dan kuliner, serta kegiatan yang berbasis dari sumber daya desa setempat"  katanya.

     Seperti diketahui PNPM Mandiri adalah program utama Kementerian Koordinator Kesra yang mengkoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat dari 17 kementerian maupun lembaga pemerintah. Dalam  PNPM Mandiri ada dua macam yakni PNPM Inti dan PNPM Perkuatan. PNPM Inti menggarap perdesaan dan perkotaan, di mana setiap kecamatan di pedesaan dan perkotaan mendapat dana PNPM Mandiri sebesar Rp 3 miliar.

     Untuk PNPM Perkuatan yang masuk ke bidang pariwisata dimaksudkan agar pariwisata makin berkembang yakni dengan adanya sekitar 300 desa wisata pada tahun 2010 yang tersebar di seluruh tanah air.

     Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi Surya Dharma, Kepala Pusat Penerangan dan Humas, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata


Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2009