Bogor (ANTARA) - Pelaksanaan Shalat Idul Adha 1441 Hijriah pada 31 Juli 2020 dalam situasi pandemi COVID-19 kemungkinan besar akan dilaksanakan di masjid dan di lapangan di Kota Bogor, tapi dengan pembatasan tertentu dan menerapkan protokol kesehatan secara benar.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim di Kota Bogor, Kamis, mengatakan pelaksanaan Shalat Idul Adha masih akan dibahas oleh Pemerintah Kota Bogor bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bogor, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bogor, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bogor, serta Dewan masjid Indonesia (DMI) Kota Bogor.

"Akan dibahas pelaksanaannya seperti apa. Kalau ada kesepakatan baru, kemungkinan akan diterbitkan SKB (surat keputusan bersama) lagi," katanya.

Menurut Dedie, berdasarkan Surat Edaran Wali Kota Bogor tentang Kegiatan Keagamaan di Masjid Selama Masa Pandemi Covid-19 di Kota Bogor, yang ditandatangani pada 28 Mei 2020, sebagian besar masjid sudah bisa digunakan untuk ibadah sholat berjamaah tapi dengan pembatasan dan menerapkan protokol kesehatan secara benar.

Baca juga: Bima Arya Shalat Jumat berjamaah di Masjid Baitur Ridwan Kota Bogor

Baca juga: Usai tarawih perdana, Jokowi bahas rencana LRT masuk Kota Bogor


Dedie menjelaskan penerapan protokol kesehatan itu antara lain, Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) menyediakan saranan cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun, melakukan pemeriksaan suhu tubuh jamaah, menggunakan masker bagi pengurus dan jamaah, membawa sajadah masing-masing, tidak berjabatan tangan, dan menjaga jarak antara sesama jamaah sekitar dua meter.

Kemudian, bagi jamaah yang kurang sehat dan memiliki penyakit bawaan, belum diperkenankan untuk shalat berjamaah di masjid. Jamaah juga tidak mengajak anak berusia di bawah 15 tahun, serta orang berusia lanjut di atas 60 tahun dan diminta melaksanakan shalat di rumah masing-masing.

Menurut Dedie, pelaksanaan Shalat Idul Adha kemungkinan besar akan diatur dengan pembatasan dan penerapan protokol kesehatan.*

Baca juga: Sejumlah masjid Kota Bogor gelar shalat gerhana

Baca juga: 40 masjid kota Bogor gelar shalat gerhana

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020