Di sini partisipasinya sangat bagus sekali,
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo mengatakan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, merupakan daerah yang paling siap dalam menerapkan prakondisi tatanan normal baru (new normal) di sektor pariwisata.

"Saya melihat di lapangan, Banyuwangi adalah daerah yang saya lihat paling siap menuju ke sebuah prakondisi menuju ke sebuah normal baru," katanya di Vila Pantai So Long di Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis.

Dalam kunjungan ini, Presiden didampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Gubernur Jawa Timur Khofiah Indar Parawansa, dan Bupati Banyuwangi Azwar Anas.

Presiden mengapresiasi peran pemerintah daerah dan berbagai kelompok masyarakat di Banyuwangi dalam mematuhi protokol kesehatan, pada prakondisi tatanan normal baru pariwisata.

"Di sini partisipasinya sangat bagus sekali," ujar Jokowi.

Dalam kunjungan kerja perdananya ke daerah di era adaptasi tatanan normal baru ini, Presiden mengatakan dirinya ingin melihat prakondisi tatanan normal baru pariwisata di kabupaten yang kerap dijuluki "The Sunrise of Java" itu.

Sebelum meninjau prakondisi tatanan normal baru di kawasan seluas tiga hektar itu, Presiden menerima paparan kesiapan tatanan normal baru pariwisata dari Bupati Banyuwangi Azwar Anas.

Presiden juga tetap mengedepankan protokol kesehatan, dengan mengenakan masker dan pelindung wajah (face shield).

Di kawasan wisata itu, protokol kesehatan diterapkan dengan penyediaan tempat pencucian tangan dan kewajiban penggunaan masker.

Kepala Negara kemudian melihat pagelaran kebudayaan daerah di Pantai So Long, dengan latar belakang pemandangan laut lepas. Tempat hunian di pantai itu berbentuk rumah adat Osing.

Sebelum ke So Long, Presiden di Banyuwangi meninjau dan menyapa masyarakat di Pasar Pelayanan Publik Rogojampi.

Setelah dari So Long, Presiden akan kembali ke Bandara Internasional Banyuwangi untuk kemudian lepas landas menuju Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2020