Karena itu, program gubernur di Sumsel mengenai "'Satu Desa Satu Rumah Tahfidz" harus disukseskan bersama
Palembang (ANTARA) - Majelis Ulama Indonesia Sumatera Selatan (MUI Sumsel) mengatakan bahwa program "rumah tahfidz" sangat bermanfaat bagi masyarakat karena akan menciptakan gerenasi cinta Al Quran sehingga pihaknya mendukung program yang digagas Gubernur Sumsel Herman Deru, yakni "Satu Desa Satu Rumah Tahfidz".

"Kami sangat mendukung program Gubernur Sumsel Herman Deru terkait pembinaan agama dan pengembangan 'rumah tahfidz' ini," kata Ketua MUI Sumsel Prof KH Aflatun Muchtar, MA di Palembang, Kamis

"Program rumah tahfidz mendapat sambutan dari masyarakat. Kami sangat mendukung dan siap membantu dalam pengembangan 'rumah tahfidz'," tambahnya.

Ia mengatakan dengan adanya "rumah tahfidz" maka pembinaan agama lebih maksimal, karena itu garda terdepan bagi umat Islam untuk membentuk eksistensi, punya moralitas dan integritas.

Menurut dia, bahkan dengan adanya "rumah tahfidz" masyarakat makin banyak yang hapal akan Kitab Suci Al Quran.

Namun, kata dia, diharapkan tujuan program bukan hanya hapal saja,  tetapi mereka juga mengerti isi dan arti yang terkandung dalam Al Quran itu.

"Karena itu, program gubernur mengenai 'Satu Desa Satu Rumah Tahfidz' harus disukseskan bersama," kata Aflatun Muchtar ​​​​​​.

Sebelumnya Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan "rumah tahfidz" telah ada sejak dahulu. Selaku gubernur dirinya berkomitmen dan berinisiatif untuk mencetuskan hal tersebut agar dapat dicanangkan di Sumsel.

Bahkan hal tersebut juga disambut sangat baik oleh para ustadz atau kyai dan juga masyarakat.

Namun hal tersebut juga makin menyadarkan dirinya bahwa hal tersebut juga pengaruhnya menjadi lebih meluas jika "umaro" yang menggerakkannya.

"Saya juga minta agar para kyai dapat membawa ini ke kabupaten kota atau dalam seminar-seminar nasional karena umaro adalah trend center," katanya.

Gubernur juga akan mendukung berbagai program dari MUI yang juga akan membawa kebaikan dan manfaat bagi masyarakat.

Bahkan Pemprov Sumsel juga akan memfasilitasi pembangunan kantor MUI Sumsel, demikian Herman Deru.

Baca juga: LPRT Sumsel siap realisasikan satu desa satu rumah tahfidz

Baca juga: Pengembangan rumah tahfidz di Sumsel terus dimaksimalkan

Baca juga: Instruktur Rumah Tahfidz Sumsel bina narapidana


Baca juga: Gerakan "Sumsel Mengaji" dimaksimalkan melalui rumah tahfidz

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020