Kasus positif ke-12 adalah perempuan, 49 tahun, dari Temon
Kulon Progo (ANTARA) - Jumlah kasus positif COVID-19 di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, bertambah satu kasus yang berasal dari klaster penjual ikan sehingga jumlahnya mencapai 12 kasus.

"Kasus positif ke-12 adalah perempuan, 49 tahun, dari Temon merupakan kontak erat kasus positif Jogoboyo Purworejo yakni pedagang ikan. Siang tadi pasien sudah diisolasi di RSUD Wates," kata Juru Bicara Percepatan Penanganan COVID-19 Kulon Progo Baning Rahayujati di Kulon Progo, Rabu.

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di DIY bertambah menjadi 276 orang

Ia mengatakan kasus orang dalam pemantauan (ODP) yang masih dalam pemantauan ada 36 orang, PDP satu orang dan positif satu orang. Hasil pelacakan kasus Jogoboyo sampai Rabu ini didapatkan 26 kontak erat yang terdiri dari satu positif, dua reaktif, 21 non-rekatif dan dua dites cepat Rabu ini.

"Sampai saat ini belum ada laporan hasilnya," katanya.

Baning mengatakan pelacakan kepada kontak erat kasus positif Kulon Progo-12 sedang dilakukan oleh puskesmas bersama gugus tugas desa dan kecamatan Temon di Pasar Temon dan Kokap di Pasar Pripih.

Baca juga: Pasien COVID-19 ke-11 di Kulon Progo dinyatakan sembuh

"Hasil belum dilaporkan, sedangkan kontak erat keluarga sudah dilakukan isolasi mandiri di rumah dan dijadwalkan dilakukan tes cepat besok pagi," katanya.

Saat ini sesuai Keputusan Gubernur DIY Normor 121/KEP/2020 tentang Perpanjangan Status Tanggap Darurat Bencana di DIY, maka Kulon Progo masih belum ada perubahan status wilayah yaitu masih status tanggap darurat bencana sampai dengan 30 Juni 2020.

Baca juga: Pemudik dari Tangerang yang tinggal di Kulon Progo positif COVID-19

Saat ini, gugus tugas sedang melakukan kajian situasi dan kondisi perkembangan COVID-19 di Kulon Progo dan mempersiapkan protokol protokol adaptasi kebiasaan baru atau persiapan menuju masyarakat produktif dan aman COVID-19.

"Masyarakat agar tetap melaksanakan protokol kesehatan yaitu tetap di rumah kecuali untuk tujuan penting, hindari kerumunan, jaga jarak , pakai masker, cuci tangan pakai sabun dan tingkatkan daya tahan tubuh," katanya.

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di Kulon Progo tinggal satu orang

Pewarta: Sutarmi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020