Banjarmasin (ANTARA News) - Sebanyak 18 orang tewas dalam kecelakaan lalu lintas saat mudik Lebaran 1430 Hijriah yang terjadi di beberapa wilayah di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Kepala Posko Operasi Ketupat Kalsel, Kompol Mujiono, di Banjarmasin, Selasa mengatakan, korban tewas itu terjadi dalam 17 kali kecelakaan lalu lintas.

Kecelakaan terparah, kata dia, terjadi di Kota Tanjung Kabupaten Tabalong menjelang Lebaran atau Sabtu (19/9) malam.

Menurut dia, ban mobil Toyota Kijang yang sarat penumpang mendadak kempes sehingga terguling yang mengakibatkan lima orang tewas seketika.

Kecelakaan lalu lintas lainnya terjadi di Kota Banjarbaru, Tanah Laut (Tala) dan Batu Licin, yang seluruhnya mengakibatkan meninggalnya pengendara.

Selain itu, kata Mujiono, terdapat 12 orang mengalami luka berat yang kini dalam perawatan rumah sakit di beberapa daerah dan 12 orang dinyatakan luka ringan.

Menurut dia, kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan korban tewas pada saat mudik tahun ini meningkat dibanding tahun 2008 hanya delapan orang menjadi 18 orang.

Mujiono mengatakan, selama operasi ketupat mulai 13 September hingga 21 September, pihaknya telah menindak 950 pengendara yang melakukan pelanggaran berat.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga telah menegur sebanyak 2.232 orang yang melakukan pelanggaran ringan.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009