Sehubungan dengan penangguhan ini, semua calon haji yang giliran haji diperuntukkan pada musim haji tahun 2020 akan diberi keutamaan untuk menunaikan fardu haji pada tahun 2021. Bagi calon haji yang gilirannya adalah pada tahun 2021, mereka akan turu
Kuala Lumpur (ANTARA) - Lembaga Tabung Haji (TH) akan menangguhkan semua urusan berkaitan operasi haji bagi musim haji 1441 H/2020 M selaras dengan keputusan Pemerintah Malaysia untuk tidak mengantar jamaah haji negara ke tanah suci karena faktor keselamatan dan kesehatan.

Keputusan ini dibuat setelah Menteri Di Jabatan Perdana Menteri (Hal Ihwal Agama), Senator Datuk Dr. Zulkifli Mohamad Al-Bakri, Kamis, mengumumkan keputusan Malaysia untuk menangguhkan pengantaran jamaah haji dari Malaysia ke tanah suci menyusul penularan wabah COVID-19 yang melanda dunia termasuk di Arab Saudi.

Dia mengatakan penularan wabah COVID-19 telah menimbulkan risiko kesehatan umum yang serius di seluruh dunia karena telah menjangkiti lebih 7,4 juta orang manakala lebih 418 ribu orang telah menjadi korban meninggal.

Baca juga: Malaysia puji pengelolaan layanan haji Indonesia
Baca juga: Mahulu di perbatasan RI-Malaysia usulkan punya kuota haji sendiri


Direktur Eksekutif Tabung Haji, Datuk Nik Mohd Hasyudeen Yusoff mengatakan keputusan Pemerintah Malaysia untuk menangguhkan keberangkatan sekitar 31.600 jamaah haji Malaysia ke Tanah Suci pada tahun ini menunjukkan keprihatinan pemerintah dalam mempertimbangkan aspek keselamatan, kesehatan dan kesejahteraan rakyat.

"Sehubungan dengan penangguhan ini, semua calon haji yang giliran haji diperuntukkan pada musim haji tahun 2020 akan diberi keutamaan untuk menunaikan fardu haji pada tahun 2021. Bagi calon haji yang gilirannya adalah pada tahun 2021, mereka akan turut diberi kesempatan sesuai kekosongan kuota tahun waktu itu," katanya.

Dia mengatakan semua pembayaran haji yang telah di-debit akan dikembalikan mengikuti kadar yang ada dalam akun TH bakal haji masing-masing dalam waktu terdekat.

"Jumlah pembayaran haji tersebut juga layak menerima pembagian keuntungan pada tahun 2020," katanya.

TH meminta semua calon haji untuk bersabar serta menerima keputusan ini dengan rida dan terus berdoa agar keadaan kembali pulih agar urusan haji diteruskan pada tahun depan.

Baca juga: Kuota resmi haji Malaysia naik 31.600 orang
Baca juga: Malaysia tunggu Arab Saudi tentang keberangkatan haji 2020

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020