"Mudah-mudahan simulasi ini menjadi 'masterpiece piloting' destinasi wisata lainnya dalam menggunakan protokol kesehatan," ujarnya.
Semarang (ANTARA) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan izin kepada pengelola Taman Wisata Candi Borobudur untuk melakukan simulasi penerapan protokol kehidupan normal baru setelah obyek wisata budaya itu ditutup sementara akibat pandemi COVID-19.

"Konsep simulasi yang diajukan telah kami pelajari, telaah, dan cermati lalu kita ajukan ke Pak Gubernur dan mendapat izin karena memenuhi standar protokol kesehatan pelaksanaan simulasi," kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Sinoeng Nugroho Rachmadi di Semarang, Senin.

Menurut dia, pelaksanaan simulasi dibukanya kembali Taman Wisata Candi Borobudur akan dilakukan pada Rabu (10/6) sekitar pukul 09.00 WIB dengan 50 peserta dan rencananya akan dihadiri oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Baca juga: Taman Wisata Candi Borobudur akan dibuka kembali Juni 2020

"Kami minta jumlah peserta dibatasi, dan pihak Taman Wisata Candi Borobudur mengatakan ada 50 peserta meliputi manajemen, Pemkab Magelang, Pemprov, rencananya Pak Gubernur juga akan hadir dan pelaku simulator," ujarnya usai Rapat Evaluasi Perkembangan dan Penanganan COVID-19 di Ruang Rapat Gedung B.

Ia menjelaskan bahwa pelaksanaan simulasi tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman dan penguasaan protokol kesehatan di destinasi wisata dalam menjalani normal baru di tengah pandemi COVID-19.

"Yang penting dalam simulasi adalah adanya petugas evaluasi yang akan mengawal proses simulasi itu berjalan sesuai protokol kesehatan. Bukan hanya sekali, tapi simulasi dilakukan minimal dua kali dengan masing-masing dievaluasi dengan cermat dan matang," katanya.

Dirinya berharap pelaksanaan simulasi normal baru di Taman Wisata Candi Borobudur berjalan lancar dan sukses sehingga menjadi proyek percontohan.

Baca juga: TWC akan beri stiker penanda suhu tubuh kepada pengunjung

"Mudah-mudahan simulasi ini menjadi 'masterpiece piloting' destinasi wisata lainnya dalam menggunakan protokol kesehatan," ujarnya.

Selain di Candi Borobudur, Disporapar Provinsi Jawa Tengah juga nantinya mendorong wisata-wisata di tingkat desa untuk melakukan simulasi serupa, terutama objek wisata yang ada di zona hijau.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menuturkan bahwa pihaknya telah mempersiapkan semua sektor dalam menghadapi penerapan protokol kehidupan normal baru.

"Karena ada permintaan banyak soal normal baru, maka saat ini kami sedang menyusun pedoman normal baru. Meski belum dilaksanakan normal baru, setidaknya norma baru yang kita siapkan ini bisa menjadi panduan agar nantinya pelaksanaan normal baru bisa lancar," katanya.

Baca juga: Penutupan Candi Borobudur dan Prambanan diperpanjang 14 hingga 29 Mei

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2020