Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi pemberitaan ekonomi pada Minggu (7/6) mulai dari PLN diminta membuka pengaduan seluas-luasnya akibat tagihan listrik yang melonjak hingga imbauan Badan Pangan dan Pertanian Dunia di bawah PBB (FAO) di Hari Keamanan Pangan. Simak selengkapnya.

 

Tagihan listrik melonjak, YLKI minta PLN buka pengaduan seluas-luasnya

 

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) meminta manajemen PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) membuka seluas-luasnya kanal pengaduan bagi konsumen yang mengalami lonjakan tagihan.

 

"YLKI banyak menerima keluhan dari konsumen yang mengalami kesulitan saat ingin melaporkan kasusnya via call center 123, atau akses lainnya," ujar Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

 

Implementasi harga baru gas diyakini dorong ekspansi sektor manufaktur

 

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita meyakini bahwa implementasi harga gas sebesar 6 dollar AS per Million Metric British Thermal Unit (MMBTU) di plant gate dapat mendorong industri manufaktur menjadi lebih ekspansif dan meningkatkan kontribusinya terhadap perekonomian nasional.

 

“Karenanya, kami juga meminta kepada Menteri ESDM untuk dapat memperluas daftar penerima manfaat kebijakan tersebut,” ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita lewat keterangannya di Jakarta, Minggu.

 

BKPM: IA-CEPA diharapkan dorong Investasi Indonesia-Australia

 

 

Kemitraan Komprehensif di bidang ekonomi antara Indonesia Australia atau Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership (IA-CEPA) diharapkan bisa mendorong pertumbuhan investasi di kedua negara selama fase pemulihan COVID-19.

 

"Perjanjian ini diharapkan dapat mendorong penyebaran investasi yang lebih merata ke seluruh Indonesia," kata Deputi Bidang Kerja Sama Penanaman Modal Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Wisnu Wijaya Soedibjo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

 

Hari Keamanan Pangan, FAO dedikasikan untuk petani

 

Badan Pangan dan Pertanian Dunia di bawah PBB (FAO) mengimbau seluruh negara bersungguh-sungguh melanjutkan upaya meningkatkan keamanan dan ketersediaan pangan di sistem rantai pertaniannya.

 

Kepala Perwakilan FAO di Indonesia Stephen Rudgard mengatakan perayaan Hari Keamanan Pangan Sedunia hari ini didedikasikan untuk semua orang, termasuk petani yang telah memastikan pandemi tidak mengganggu rantai pasok pangan, sehingga pangan tetap tersedia.

 

Kemenkop ajak pelaku UMKM terdampak COVID segera bangkit kembali

 

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Rully Indrawan mengajak para pelaku UMKM terdampak COVID-19 bisa segera bangkit kembali.

 

"Dalam kondisi pandemi COVID-19 kita memang harus mengutamakan keamanan dan kesehatan. Namun, juga harus tetap produktif, terutama bagi pelaku UMKM," katanya saat membagikan bantuan 1.000 masker dan paket sembako di Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Minggu.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2020