SAR temukan kapal ikan tuna mati mesin

id kecelakaan kapal ,kapal ikan,badan sar nasional ,pertolongan sar

Tim SAR bersama dua ABK kapal ikan tuna KM Nadine 01. ANTARA/Humas Badan SAR Nasional Manado

Manado (ANTARA) - Tim Badan SAR Nasional di Manado bersama KN SAR Bima Sena dan Tim SAR Gabungan berhasil menemukan kapal ikan tuna KM Nadine 01 di perairan Maluku Utara.

Kepala Kantor Badan SAR Nasional Manado, Suhri Sinaga, di Manado, Kamis, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang turut terlibat dalam pencarian tersebut.

Baca juga: TNI AU-Badan SAR Nasional kerahkan pesawat intai cari kapal hilang

"Terima kasih kepada seluruh pihak yang turut membantu Polair Bitung, PPS Bitung, KSOP Bitung, RAPI Bitung dan nelayan setempat bersama Tim Basarnas dan Tim KN.SAR Bima Sena dalam pencarian KN.Nadine 01 hingga para korban bisa ditemukan dalam kondisi selamat," kata Sinaga

Ia mengatakan KM Nadine 01 ditemukan pada Rabu (3/6), kapal ikan itu diikat pada bouy, dengan jumlah empat orang korban, semua dalam keadaan selamat.

Baca juga: Kapal kargo tenggelam di perairan Manokwari, satu kru hilang

Berdasarkan permintaan nahkoda KM Nadine 01, kapal itu jangan ditinggalkan, jadi yang ikut kembali bersama tim SAR hanya dua orang ABK, nakhoda dan seorang ABK tetap tinggal di KN Nadine 01 yang diikatkan di bouy, sambil menunggu suku cadang dari darat.

Begitu sampai di Pelabuhan Munte, Likupang, Minahasa Utara, Sulawesi Utara, kedua korban langsung diserahkan kepada keluarga korban.

Baca juga: Kapal berpenumpang 10 orang tenggelam di perairan Halmahera Selatan

Sebelumnya Badan SAR Nasional di Manado menerima informasi dari Julius Payangan selaku pemilik kapal KM.Nadine 01, bahwa kapal dikabarkan mati mesin di perairan Maluku Utara, Bitung.

Kapal tersebut berwarna putih abu-abu dengan panjang 11 meter dan lebar 2 meter, bersama nakhoda Zedekhia Rompas (39 tahun), dan tiga orang ABK, yaitu Jenli Namisi (28 tahun), Usman Katiandagho (52 tahun), dan Alexandro Rompas (26 tahun).

Baca juga: Nelayan Riau selamatkan tiga korban kecelakaan kapal pengangkut TKI
 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar