58 anak keluarga penerima manfaat PKH Lampung lolos seleksi PTN

id PKH, gerakan kuliah

Ilustrasi situasi pembinaan program Ayo Kuliah anak keluarga penerima manfaat PKH. (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Sejumlah 58 anak dari keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) Lampung lolos Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri serta PTKIN tahun 2020.

"Ada 58 anak dari keluarga penerima manfaat PKH Lampung yang lolos seleksi PTN/PTKIN 2020 yang difasilitasi dalam program inovasi Gerakan Ayo Kuliah," ujar Ketua Satuan Tugas Gerakan Ayo Kuliah 2020 Slamet Harianto di Bandarlampung, Rabu.

Baca juga: Unand terima 1.910 mahasiswa melalui jalur SNMPTN 2020

Ia menjelaskan 58 anak tersebut berasal dari enam kabupaten/kota di Provinsi Lampung.

"Anak-anak dari keluarga peserta PKH yang telah dinyatakan diterima seleksi PTN/PTKIN berasal dari Kota Metro sebanyak 7 orang, Kabupaten Lampung Barat ada 25 orang, Lampung Timur 9 orang, Pesawaran 5 orang, Lampung Tengah 3 orang, dan Lampung Selatan 9 orang," katanya.

Baca juga: UGM menerima 1.753 mahasiswa baru dari SNMPTN 2020

Menurutnya, melalui Gerakan Ayo Kuliah dilakukan serangkaian pembinaan bagi siswa siswi sekolah menengah atas dari keluarga PKH meliputi pemetaan data peserta, melakukan edukasi dan motivasi, pelaksanaan pendampingan hingga kuliah serta mengupayakan komplementaritas KIP Kuliah/Bidikmisi, beasiswa atau keringanan UKT.

Baca juga: UI terima 1.106 mahasiswa baru melalui SNMPTN 2020

Hal serupa juga dikatakan oleh Koordinator Wilayah II PKH Provinsi Lampung , Slamet Riyadi.

"Saat ini kami sedang berkoordinasi dengan Dinas Sosial Provinsi Lampung serta Kementerian Sosial mengenai program pembinaan lanjutan, serta komplementaritas KIP Kuliah/Bidikmisi, agar anak-anak dapat menyelesaikan studi tepat waktu. Mengingat mereka berasal dari keluarga prasejahtera penerima PKH yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS),"ucap Slamet.

Baca juga: 20 anak KPM-PKH Lampung lolos seleksi prrogram beasiswa bidik misi

Menurut dia, sejak tahun 2017 hingga 2020 telah tercatat ada sebanyak 292 anak PKH Lampung yang berhasil masuk PTN/PTKIN, dan sebanyak 75 anak di antaranya mendapatkan Bidikmisi, PMPAP Universitas Lampung dan beragam beasiswa lain.

Baca juga: Bidik Misi bakal berganti nama menjadi KIP Kuliah

 

Pewarta : Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar