Kemampuan yang perlu dimiliki seorang kepala daerah adalah kemampuan entrepreneurship, kemampuan untuk berwirausaha dalam rangka untuk menangkap peluang yang ada di daerah masing-masing
Jakarta (ANTARA) - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengajak kepala daerah untuk mengembangkan semangat entrepreneurship atau kewirausahaan di wilayah masing-masing saat pandemi COVID-19.

“Kemampuan yang perlu dimiliki seorang kepala daerah adalah kemampuan entrepreneurship, kemampuan untuk berwirausaha dalam rangka untuk menangkap peluang yang ada di daerah masing-masing,” kata Tito Karnavian dalam sambutan virtualnya saat peringatan hari jadi Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) ke-20 di tengah pandemi COVID-19 di Kantor Apkasi, Jakarta, Sabtu.

Dengan jiwa kewirausahaan, kata dia, peluang-peluang yang ada di daerah bisa dikembangkan sehingga mampu untuk menjaring pendapatan dengan cara-cara sesuai aturan hukum dan kemudian menggunakannya dengan tepat sasaran, hemat, dan selektif.

Ia menambahkan dengan semangat kewirausahaan maka daerah bisa surplus dalam bidang anggaran, bukan justru defisit karena belanjanya lebih besar.

“Belanjanya dengan program-program yang tidak bisa dieksekusi sementara pendapatannya lebih kecil, ibarat lebih besar pasak daripada tiang,” katanya.

Baca juga: Apkasi: Kepala daerah makin semangat berinovasi

Tito mengingatkan agar jangan sampai menjadi daerah yang defisit, tapi harus lebih independen serta kuat secara keuangan dan secara ekonomi.

Menurut dia, hal ini memerlukan keahlian atau kemampuan kewirausahaan para kepala daerah.

Acara peringatan hari jadi Apkasi pada kesempatan itu dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Tampak hadir Prof Ryaas Rasyid selaku Penasehat Khusus Apkasi, Gubernur Kaltim yang pernah menjadi Ketua Umum Apkasi Isran Noor, dan Ketua Dewan Pembina Apkasi Mardani H. Maming.

“Apkasi bisa menjadi penyaluran kepala daerah untuk menyamakan persepsi, saluran untuk menyampaikan aspirasi dan saluran juga untuk melakukan koreksi,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Apkasi Abdullah Azwar Anas dari Banyuwangi secara virtual mengajak kepada para kepala daerah untuk bersama-sama menyambut normal baru dengan gaya baru.

Ia menekankan pentingnya penerapan protokol kesehatan, penerapan jaga jarak, kembali menggerakkan sektor ekonomi, dan terus berdoa agar COVID-19 segera dapat diatasi.

Baca juga: APKASI ajak daerah bersiap menyambut 'New Normal'

 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020