Ketua Gugus Tugas tinjau mobil laboratorium COVID-19 Surabaya

id mobil laboratorium,laboratorium covid,pemeriksaan covid

Tangkapan layar, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penangananan COVID-19 Doni Monardo meninjau peluncuran dua unit mobil laboratorium bio safety level dua untuk Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Rabu (27/5/2020). ANTARA/Youtube/BNPB Indonesia/aa.

Jakarta (ANTARA) - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo meninjau mobil laboratorium biosafety level dua untuk pemeriksaan COVID-19 di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Rabu.

Lewat telekonferensi video, dia menjelaskan bahwa kerusakan perangkat di satu laboratorium di Surabaya telah mempengaruhi pemeriksaan spesimen pasien COVID-19 karenanya pemerintah pusat mengirim dua unit mobil laboratorium ke kota itu.

"Tadi pagi sudah tiba di Surabaya pukul 05.30 WIB waktu setempat satu unit mobil," kata dia.

Ia mengatakan bahwa mobil laboratorium tersebut dilengkapi dengan fasilitas ruang bertekanan negatif serta alat pemeriksaan PCR dengan teknologi terbaru dari Korea Selatan yang akan memudahkan dan mempercepat pemeriksaan spesimen pasien.

Dengan berbagai fasilitas dan peralatan yang tersedia di dalam mobil laboratorium tersebut, petugas bisa mengetahui hasil pemeriksaan untuk mendeteksi infeksi virus corona tipe baru dalam waktu sekitar 40 menit.

Kecepatan pemeriksaan menggunakan mobil laboratorium tersebut akan mendukung percepatan pendeteksian infeksi virus corona di kalangan orang dalam pemantauan dan pasien dalam pengawasan dalam upaya memutus rantai penularan COVID-19.

Baca juga:
Surabaya sudah lakukan tes cepat COVID-19 pada 21.203 warga
WNI dan WNA wajib tes cepat COVID-19 setiba di Batam


Pewarta : Muhammad Zulfikar
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar