Rutan Medaeng berikan layanan "drive thru" antisipasi COVID-19

id Sidoarjo, COVID-19, rutan medaeng

Layanan drive thru Rutan Kelas I Surabaya di Sidoarjo (Antarajatim/Kanwilkumham Jatim/IS)

Sidoarjo (ANTARA) - Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Surabaya di Medaeng, Sidoarjo, Jawa Timur, memberikan layanan penitipan barang secara drive thru  (tanpa turun kendaraan) sebagai upaya untuk mengantisipasi merebaknya virus corona atau COVID-19.

Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Kelas I Surabaya, Handanu dalam keterangan tertulisnya, Senin, mengatakan setiap pengunjung yang hendak menitipkan barang untuk keluarganya di rutan tersebut tidak perlu turun dari kendaraannya.

"Petugas akan memeriksa barang terlebih dahulu, setelah dinyatakan aman, penitip barang baru boleh pergi," ujarnya.

Ia mengemukakan, pengguna layanan tidak perlu repot turun dari kendaraan karena sambil menunggu juga bisa menikmati hiburan musik dari grup band WBP.

Baca juga: Lapas di Aceh tidak layani kunjungan Lebaran cegah COVID-19
Baca juga: KPK fasilitasi tahanan silaturahim dengan keluarga secara daring
Baca juga: Kejati fasilitasi 300 "rapid test" untuk tahanan Rutan Pondok Bambu


"Hal ini semata-mata untuk meminimalisir kontak langsung penyebaran virus corona atau COVID-19," katanya.

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Jatim Krismono mengatakan kondisi pandemi membuat Kanwil Kemenkumham Jatim dan jajaran harus semakin kreatif dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

"Saat layanan kunjungan ditiadakan, pihak rutan memberikan layanan penitipan barang untuk WBP secara drive thru untuk menghindari kontak langsung," katanya.

Pelaksanaan layanan drive thru itu ditinjau langsung Kakanwil Kemenkumham Jatim Krismono di hari kedua Idul Fitri hari ini (25/5).

Kakanwil memuji perkembangan perubahan yang dilakukan Rutan Medaeng karena menurutnya, suasana di Rutan Medaeng semakin bersih, terutama di dapur yang semakin baik.

"Dapurnya sudah bersih, cuma cara masaknya yang masih perlu diperbaiki. Kapan-kapan akan saya datangkan chef untuk kasih pelatihan," ujar Krismono.

Krismono juga memuji layanan drive thru yang ada. Menurutnya, layanan ini mempermudah masyarakat dalam menitipkan barang untuk keluarganya yang memang tidak boleh dikunjungi selama masa pandemi.

"Apalagi, momen hari raya Idul Fitri membuat keluarga WBP semakin antusias. Inovasi kinerja ini sesuai dengan semangat PSBB, untuk menghindari kerumunan dan tetap jaga jarak," katanya.

Pewarta : Indra Setiawan
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar