Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita pada hari pertama perayaan Idul Fitri 1441 H atau Minggu (24/5) yang masih menarik untuk dibaca.

Mulai dari sejumlah masjid di Padang selenggarakan shalat Idul Fitri dengan protokol kesehatan hingga Mensos ajak umat Islam berdoa agar pandemi COVID-19 berlalu.

1.Dengan protokol, sejumlah masjid di Padang adakan shalat Idul Fitri

Sejumlah masjid di Kota Padang tetap melaksanakan Shalat Idul Fitri 1440 Hijriah dengan menerapkan protokol kesehatan dalam rangka mencegah Corona Virus Disease (COVID-19).

"Kami tetap melaksanakan shalat Idul Fitri, tapi setiap jamaah harus masuk bilik sterilisasi dan wajib mencuci tangan sebelum masuk masjid," kata Pengurus Masjid Aljihad Indarung Padang Irsal di Padang, Minggu.

2.Menaker ajak warga gunakan teknologi untuk silaturahmi Lebaran aman

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengajak warga merayakan Lebaran di rumah saja dan menggunakan teknologi untuk silaturahmi Lebaran aman dengan sanak keluarga dan handai tolan yang tinggal di daerah lain.

"Lebaran tahun ini sungguh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tak ada pertemuan, tak ada reuni, tak ada kumpul bersama," katanya di akun Twitter @idafauziyah pada Minggu.


3.Patuhi protokol COVID-19, warga Kabupaten Bekasi-Jabar bermaaf-maafan

Puluhan warga di salah satu kawasan zona hijau kompleks perumahan di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Ahad bermaaf-maafan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam rangka merayakan Idul Fitri 1441 Hijriyah sebagai Hari Kemenangan.

"Alhamdulillah, setelah sebulan berpuasa, akhirnya kami bisa merayakan Lebaran dengan bermaaf-maafan," kata Widihastuti, salah satu warga di kompleks Perumahan Telaga Murni, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi.

4. Kepala Gugus Tugas COVID-19 shalat Idul Fitri 1441 H di Graha BNPB

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaksanakan shalat Idul Fitri 1441 H di Ruang Serba Guna Sutopo Purwo Nugroho, Graha BNPB, Jakarta Timur.

Menurut Tenaga Ahli Kepala BNPB Egy Massadiah melalui catatan tertulis yang diterima di Jakarta, Ahad, Shalat Idul Fitri 1441 H yang diadakan diikuti 10 orang jamaah, sebagaimana yang diizinkan panitia kecil shalat Idul Fitri BNPB.


5.Mensos ajak umat Islam berdoa agar pandemi COVID-19 berlalu

Menteri Sosial Juliari P. Batubara mengajak masyarakat, terutama umat Islam yang tengah merayakan Hari Raya Idul Fitri, untuk berdoa agar pandemi COVID-19 di Indonesia cepat berlalu.

"Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H buat saudara-saudaraku Umat Muslim. Minal Aidin Wal Faidzin. Mohon maaf lahir dan batin," kata Mensos di akun Instagram @juliaribatubara yang dipantau di Jakarta, Ahad. 

 

Pewarta: Indriani
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020