Wali Kota Bandarlampung tiadakan open house

id COVID-19,Wali Kota Bandarlampung,buka pintu open house

Wali Kota Bandarlampung Herman HN, Ahad, (24/5/2020). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Wali Kota Bandarlampung Herman HN merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah secara sederhana di rumahnya, serta tidak membuka pintu (open house) bagi masyarakat setempat.

"Saya ucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah bagi masyarakat yang merayakannya. Saya minta masyarakat Bandarlampung menunda pertemuan dengan keluarga dan sahabat," Kata Herman HN di Bandarlampung, Ahad.

Sudah menjadi agenda rutin bahwa setiap Hari Raya Idul Fitri, orang nomor satu di Kota Bandarlampung tersebut selalu membuka pintu rumah dinasnya bagi warganya. Namun pada Lebaran tahun ini, agenda tersebut ditiadakan.

Ia pun mengajak warga untuk menggunakan ponsel ataupun media sosial dalam bersilaturahmi di tengah wabah COVID-19, menerapkan pola hidup sehat dan bersih (PHBS), menghindari kerumunan, selalu menjaga jarak dan wajib menggunakan masker guna terhindar dari COVID-19.

Baca juga: Plt. Gubernur Kepri batal open house cegah COVID-19

Baca juga: Wali Kota Batam antar makanan sebagai pengganti open house


"Mudah-mudahan dengan menggunakan berbagai media komunikasi yang ada dalam bersilahturahmi di momen Lebaran, tidak mengurangi makna saling memaafkan," kata dia.

Sementara itu, Istri Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana, mengungkapkan bahwa keluarga tetap konsisten mematuhi anjuran pemerintah dalam memutus mata rantai COVID-19 dengan tidak melakukan aktivitas yang menimbulkan kerumunan.

"Untuk itu pada tahun ini keluarga Herman HN merayakan Lebaran di rumah saja," kata dia.

Ia juga mengatakan bahwa pada pelaksanaan Shalat Id bersama keluarga, yakni Wali Kota Bandarlampung dan anak-anaknya, dilaksanakan di rumah.

"Shalat Id tentunya kami laksanakan di rumah dengan Bapak Herman HN sebagai Imam
dan saat momen maaf memaafkan, pastinya dalam bentuk fisik," kata dia.

Dia meminta masyarakat untuk bisa mengambil hikmah dari keadaan sekarang.

Ia juga mengajak agar warga Bandarlampung untuk tetap berada di rumah dalam merayakan Lebaran.

"Untuk silahturahmi dengan sesama ada banyak cara yang bisa dilakukan, termasuk menggunakan teknologi. Saya berharap semoga pandemi ini cepat berlalu," ujarnya.*

Baca juga: Gubernur-Wagub Jatim tak gelar "open house" Idul Fitri 1441 H

Baca juga: Pemprov DKI Jakarta tidak selenggarakan "open house" untuk Idul Fitri

Pewarta : Dian Hadiyatna
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar