72.000 lebih kendaraan di Jawa Barat kita putarbalikkan,
Bandung (ANTARA) - Kapolda Jawa Barat (Jabar) Irjen Rudy Sufahriadi mengatakan pihaknya sudah menindak para pemudik dengan memutarbalikkan sekitar 72.000 lebih kendaraan yang ada di pos pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"Data dari Biro Operasi, 72.000 lebih kendaraan di Jawa Barat kita putarbalikkan," kata Irjen Rudy, saat meninjau Pos Gerbang Tol Soroja, Kabupaten Bandung, Minggu.
Baca juga: Polda Jabar lakukan 12.781 kali pembubaran kerumunan sepekan PSBB

Menurutnya, kendaraan tersebut terdiri dari kendaraan roda dua maupun roda empat yang diduga akan mudik, sehingga polisi menindak dengan cara memutarbalikkan kendaraan.

Ia pun berpesan kepada masyarakat, khususnya warga Kabupaten Bandung, agar tetap bisa memerangi COVID-19 dengan menunda perkumpulan keluarga.

"Saya berharap warga Kabupaten Bandung tetap jaga kesehatan, tetap jangan berkumpul dan jaga jarak, karena kita sedang memerangi COVID-19," katanya pula.

Usai perayaan Idul Fitri, dirinya bersama Pangdam III/Siliwangi Mayjen Nugroho Budi Wiryanto melaksanakan pengecekan pos pengamanan Operasi Ketupat Lodaya 2020 yang ada di wilayah hukum Polresta Bandung, Polres Cimahi, dan Polrestabes Bandung.

Dia memastikan anggota dapat menjalankan Operasi Ketupat Lodaya 2020 dengan baik terutama dalam penanganan pencegahan penyebaran COVID-19. Salah satunya dengan menghalau gelombang mudik, mengingat intensitas pergerakan pemudik pada saat Idul Fitri 2020 meningkat.

Ia juga mengingatkan kepada masyarakat bahwa pemerintah pusat sudah memutuskan untuk melarang kegiatan mudik di kala pandemi COVID-19 ini belum mereda.
Baca juga: Polda siapkan 250 pos titik pemeriksaan PSBB Jabar

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020